TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGALIHAN TANGGUNG JAWAB DALAM UTANG PIUTANG (Studi kasus pada Koperasi Veteran Jagabaya Bandar Lampung)

Dian, Wulandari (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENGALIHAN TANGGUNG JAWAB DALAM UTANG PIUTANG (Studi kasus pada Koperasi Veteran Jagabaya Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAN WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan akad Hiwalah terkadang dapat menimbulkan kerugian pada salah satu pihak, seperti yang terjadi pada Koperasi Veteran Jagabaya Bandar Lampung, kelalaian yang dilakukan nasabah adalah uang yang seharusnya dibayar pada waktu yang telah ditentukan namun tidak kunjung dibayarkan, lantaran nasabah tidak punya uang untuk membayar dan memilih melarikan diri. Sehingga pihak yang tidak tahu seperti keluarga ikut terlibat akibat tidak bertanggung jawabnya nasabah. pihak koperasi akhirnya menyelesaikan persoalan ini dengan mengalihkan utangnya, yang dalam Islam disebut Hiwalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik pengalihan tanggung jawab dalam utang piutang pada Koperasi Veteran Jagabaya Bandar Lampung, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik pengalihan tanggung jawab dalam utang piutang pada Koperasi Veteran Jagabaya Bandar Lampung. Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui praktik pengalihan tanggung jawab dalam utang piutang pada Koperasi Veteran Jagabaya Bandar Lampung, dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap praktik pengalihan tanggung jawab dalam utang piutang pada Koperasi Veteran Jagabaya Bandar Lampung. Metode penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, dengan mengambil objek penelitian di Koperasi Veteran Jagabaya Bandar Lampung. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh langsung melalui wawancara dan dokumentasi. Sementara data sekunder merupakan data yang diperoleh dari studi pustaka dan buku buku yang mempunyai relevansi dengan permasalahan yang dikaji dari literatur atau penelitian terdahulu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan data dilakukan dengan cara editing, organizing dan penemuan hasil, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan cara berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik pengalihan tanggung jawab dalam utang piutang pada Koperasi Veteran Jagabaya Bandar Lampung, belum sepenuhnya memenuhi syarat praktik Utang Piutang, karena praktik yang dilakukan tidak ada saksi dan pihak kedua tidak menjalankan ketentuan sesuai dengan kesepakatan diawal. Apabila ditinjau dari teori Hiwalah belum sesuai dengan hukum Islam karena dalam perjanjian pinjaman tidak ada saksi dan pihak ketiga tidak mengetahui bahwa dijadikan penanggung dari pihak kedua. Namun atas dasar tanggung jawab moral, keridhoan dan kemauan serta terbukti benar adanya bahwa pihak kedua dan pihak ketiga ada hubungannya maka pengalihan sepenuhnya dialihkan ke pihak ketiga yang tentunya dilakukan dengan ketentuan hiwalah. Dengan demikian pengalihan utang ini bukan hanya semata mata menciptakan mudharat, melainkan menciptakan rasa kekeluargaan, disiplin dan tolong menolong antar sesama manusia. Kata kunci: Praktik, Utang piutang, Hiwalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:20
Last Modified: 17 Oct 2023 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30734

Actions (login required)

View Item View Item