IMPLEMENTASI PRESENSI BIOMETRIK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DAN PEGAWAI DI SMP AL- KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

Isti, Aprilia (2023) IMPLEMENTASI PRESENSI BIOMETRIK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DAN PEGAWAI DI SMP AL- KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ISTI APRILIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Untuk meningkatkan kedisiplin kerja guru dan pegawainya, kepala sekolah SMP Al�Kautsar Bandar Lampung menerapkan sistem presensi fingerprint atau sidik jari. Karena dengan adanya presensi menggunakan sidik jari ini kepuasan kerja serta tanggung jawab kerja sangat baik. Dengan presnsi fingerprint ini tingkat penipuan atau kecurangan yang dilakukan karyawan juga dapat dipersentase sangat rendah. Beberapa lembaga pendidikan telah menerapkan sistem presensi elektronik model fingerprint untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai dan guru. Penerapan presensi elektronik dengan model fingerprint memiliki kelebihan dalam pencatatan dibanding presensi manual. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi presensi elektronik di sekolah dan dampaknya dalam meningkatkan kedisiplinan pegawai dan guru. Jenis penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif untuk pengumpulan data kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi data yang didapatkan dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang penulis lakukan dengan ketekutan,pengamatan serta triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan presensi fingerprint/ sidik jari dalam meningkatkan kedisiplinan guru da pegawai di SMP Al – Kautsar Bandar Lampung sudah berjalan hal tersebut dapat dilihat dengan para guru dan pegawai sudah melaksanakan tanggung jawabnya dengan sangat baik serta mampu beradaptasi dengan baik. menunjukkan bahwa penggunaan sistem presensi fingerprint adalah sangat mudah. Pengelola Sekolah juga membuat beberapa aturan agar sistem presensi ini dapat berjalan dengan optimal. Evaluasi tentang kehadiran dilakukan tiap bulan. Guru dan pegawai yang tidak hadir atau tercatat terlambat akan mendapatkan sanksi dari sekolah. Penerapan presensi fingerprint di sekolah SMP Al- Kautsar Bandar Lampung sudah baik dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan pegawai di sekolah. Hal ini muncul dari hasil wawancara dengan kepala madrasah, kepala TU, operator fingerprint serta guru bidang study dan temuan dari hasil observasi yang penulis lakukan bahwa indikator yang digunakan oleh penulis gunakan sudah dilaksanakan sehinggga hal itu membuat implementasi presensi finger print itu menjadi efektif dan efisien. Kata Kunci : Finger Print, Kedisiplinan, Guru Dan Pegawai. iii ABSTRACT To improve the discipline of teachers and staff, the principal of Al-Kautsar Middle School in Bandar Lampung implemented a fingerprint attendance system. With the use of fingerprint attendance, job satisfaction and responsibility were high. This system also resulted in a very low percentage of fraud or cheating by employees. Several educational institutions have adopted electronic fingerprint attendance systems to enhance the discipline of employees and teachers. The implementation of electronic fingerprint attendance has advantages in record-keeping compared to manual attendance. This research aimed to describe the implementation of electronic attendance in the school and its impact on improving the discipline of employees and teachers. The research methodology employed was qualitative descriptive technique, gathering qualitative data through observation, interviews, and documentation. The collected data was analyzed through data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data validity was ensured through credibility, observation, and triangulation. The results of this study indicated that the use of fingerprint attendance in improving the discipline of teachers and staff at Al-Kautsar Middle School in Bandar Lampung had been successful. This was evident as the teachers and staff fulfilled their responsibilities effectively and adapted well to the system. The implementation of the fingerprint attendance system was found to be straightforward, and the school's management established rules to optimize its functionality. Monthly attendance evaluations were conducted, and teachers and staff who were absent or late faced sanctions from the school. The implementation of the fingerprint attendance system at Al-Kautsar Middle School in Bandar Lampung effectively improved the discipline of teachers and staff, as confirmed through interviews with the school principal, head of administration, fingerprint system operator, and subject teachers. Observations also supported the conclusion that the implemented indicators were successfully executed, making the implementation of the fingerprint attendance system efficient and effective. Keywords : Fingerprint, Discipline, Teachers and Employees.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:03
Last Modified: 17 Oct 2023 08:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30732

Actions (login required)

View Item View Item