PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG TIMUR

ARINI, NUR ANDINI (2023) PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan membolos peserta didik disekolah yang mana terdapat pada peserta didik kelas XI di MAN 1 Lampung Timur. Hal itu dibuktikan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka dari itu perlu adanya Pelaksanaan dan perubahan yang dirasakan oleh konseli setelah melaksanakan konseling individu dengan teknik Self-Management. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan dan perubahan yang dirasakan setelah menggunakan Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Peserta Didik di MAN 1 Lampung Timur Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori layanan konseling individu dengan teknik Self-Management untuk mengurangi perilaku membolos peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus, kasus dari penelitian ini terdiri dari multi kasus yang menggunakan lebih dari satu kasus.Dalam penelitian ini terdiri dari 5 (lima) subyek penelitian dan obyek penelitian adalah Guru BK MAN 1 Lampung Timur. Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konseling individu dengan teknik Self�Management, terdiri dari 5 langkah yaitu Memilih Tujuan, Menterjemahkan Tujuan, Pemantauan Diri, Membuat Rencana Perubahan dan Perencanaan Tindakan Evaluasi. Perubahan perilaku peserta didik setelah melaksanakan konseling individu dengan teknik Self-Management yaitu adanya perubahan perilaku pada Peserta Didik menjadi lebih baik. Kata Kunci: Konseling Individu, Teknik Self-Management, Membolos iv ABSTRACT This research was motivated by the problem of students truancy at school, which was found in class XI students at MAN 1 East Lampung. This is proven from the results of observations, interviews and documentation. Therefore, there is a need for implementation and changes felt by the counselee after carrying out individual counseling using Self-Management techniques. The purpose of this research is to determine the implementation and changes felt after using Self�Management Techniques to Reduce Students' Truant Behavior at MAN 1 East Lampung The theory used in this research is the theory of individual counseling services with Self�Management techniques to reduce students' truancy behavior. This research method uses qualitative research with a case study research design, the cases from this research consist of multiple cases that use more than one case. This research consisted of 5 (five) research subjects and the research object was the BK MAN 1 East Lampung teacher. The data collection procedures use observation, interviews and documentation. The results of the research can be concluded that individual counseling using Self-Management techniques consists of 5 steps, namely Selecting Goals, Translating Goals, Self-Monitoring, Making Change Plans and Evaluation Action Planning. The change that is felt after carrying out individual counseling using Self-Management techniques is that there is a change in students' behavior for the better. Keywords: Individual Counseling, Self-Management techniques, Sipping Classes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:56
Last Modified: 17 Oct 2023 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30731

Actions (login required)

View Item View Item