PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD KARTIKA II-6 BANDAR LAMPUNG

Sefty, Windi Sunarti (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD KARTIKA II-6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi SEFTY WINDI SUNARTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran saat terjadinya proses pembelajaran, hal itu mengakibatkan nilai hasil belajar peserta didik masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPA perlunya memakai model pembelajaran yang dapat membuat prestasi belajar peserta didik mencapai KKM. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Model Inside Outside Circle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas IV Sd Kartika II-6 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimennya yaitu Quasi Eksperiment. Jenis penelitian ini dengan cara yang digunakan adalah menggunakan pretest dan postest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di Sd Kartika II-6 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas IV A dan untuk kelas kontrol adalah kelas IV B. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Data diperoleh dari buku�buku tentang model Inside Outside Circle dan jurnal-jurnal yang terkait dengan model Inside Outside Circle pada materi gaya. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa model Inside Outside Circle dalam perhitungan Uji-t, didapatkan nilai sig 0,000 maka jika nilai Sig 0,05 (5%) pada Sig (2-tailed) maka H0 ditolak dan HI diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa dan materi gaya melalui model Inside Outside Circle dapat berdampak positif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Inside Outside Circle, Hasil Belajar, IPA iii ABSTRACT The problem in this research is that students still have difficulty understanding the subject matter during the learning process, which results in the student's learning outcomes still not reaching the Minimum Completeness Criteria (KKM). Therefore the researcher concluded that in science learning it is necessary to use a learning model that can make students' learning achievements reach KKM. The purpose of this study was to see the effect of the Inside Outside Circle Model to Improve Science Learning Outcomes in Class IV Elementary School Kartika II-6 Bandar Lampung. This research is a quantitative experimental research and the type of experiment is Quasi Experiment. This type of research used a pretest and posttest in the experimental class and the control class. This research was conducted at SD Kartika II-6 Bandar Lampung with a sampling technique, namely the Cluster Random Sampling technique. Sampling in this study consisted of two class groups including the experimental class and the control class. Where the experimental class is class IV A and for the control class is class IV B. With data collection techniques using tests. The data were obtained from books on the Inside Outside Circle model and journals related to the Inside Outside Circle model on style material. Based on the results of data analysis, it can be said that the Inside Outside Circle model in the t-test calculation, obtained a sig value of 0.000 so if the Sig value is 0.05 (5%) on Sig (2-tailed) then H0 is rejected and HI is accepted. It can be concluded that there is a significant influence of the Inside Outside Circle model on student learning outcomes and style material through the Inside Outside Circle model can have a positive impact on the learning process and student learning outcomes. Keywords: Inside Outside Circle Model, Learning Outcomes, Science

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:23
Last Modified: 17 Oct 2023 08:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30728

Actions (login required)

View Item View Item