HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DAN IKLIM KELAS DENGAN PROKRASTINASI PADA SISWA MAN 1 BANDAR LAMPUNG

Nur, Triani (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DAN IKLIM KELAS DENGAN PROKRASTINASI PADA SISWA MAN 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DAN IKLIM KELAS DENGAN PROKRASTINASI PADA SISWA MAN 1 BANDAR LAMPUNG Oleh : Nur Triani Prokrastinasi merupakan suatu perilaku yang dapat mengakibatkan keterlambatan dalam memulai maupun menyelesaikan suatu tugas maupun pekerjaan. Di dalam dunia pendidikan prokrastinasi merupakan suatu hal yang menjadi kebiasaan dan bukan lagi menjadi hal yang tabu. Prokrastinasi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor internal maupun eksternal seperti self-compassion dan iklim kelas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dan iklim kelas dengan prokrastinasi pada siswa MAN 1 Bandar Lampung. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 476 siswa dan menggunakan teknik cluster random sampling untuk mendapatkan sampel, sehingga diperoleh sampel sebanyak 202 siswa MAN 1 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi dua prediktor, dengan menggunakan alat ukur skala prokrastinasi, skala self-compassion, dan skala iklim kelas. Berdasarkan ketiga hipotesis yang diajukan diperoleh hasil bahwa ketiga hipotesis diterima, yang ditunjukan pada hipotesis pertama bahwa terdapat hubungan self-compassion dan iklim kelas dengan prokrastinasi pada siswa α = 0,689 dan taraf signifikan P<0,001. Hipotesisi kedua terdapat hubungan self�compassion dengan prokrastinasi pada siswa α = 0,567 dengan p = <0,001 dan pada hipotesis ketiga terdapat hubungan iklim kelas dengan prokrastinasi pada siswa α = 0,548 dengan p = 0,001. Kata Kunci : Self-Compassion, Iklim Kelas, Prokrastinasi. ABSTRACT THE RELATIONSHIP BETWEEN SELF-COMPASSION AND CLASS CLIMATE AND PROCRASTINATION IN MAN 1 BANDAR LAMPUNG STUDENTS By : Nur Triani Procrastination is a behavior that can result in delays in starting or completing a task or job. In the world of education, procrastination is something that has become a habit and is no longer taboo. Procrastination is also influenced by several internal and external factors such as self-compassion and class climate. This research aims to determine the relationship between self�compassion and classroom climate and procrastination in MAN 1 Bandar Lampung students. The total population in this study was 476 students and used cluster random sampling techniques to obtain samples, resulting in a sample of 202 students at MAN 1 Bandar Lampung. The research method used in this research is regression analysis of two predictors, using measuring instruments on the procrastination scale, self-compassion scale, and class climate scale. Based on the three proposed hypotheses, the results showed that the three hypotheses were accepted, which was shown in the first hypothesis that there was a relationship between self-compassion and classroom climate and procrastination in students, α = 0.689 and a significant level of P<0.001. The second hypothesis is that there is a relationship between self-compassion and procrastination in students α = 0.567 with p = <0.001 and in the third hypothesis there is a relationship between classroom climate and procrastination in students α = 0.548 with p = 0.001. Keywords: Self-Compassion, Class Climate, Procrastination.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2023 02:58
Last Modified: 17 Oct 2023 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30727

Actions (login required)

View Item View Item