IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDIT FITRAH INSANI KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG

Desi, Sapitri (2023) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDIT FITRAH INSANI KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESI SAPITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Projek penguatan profil pelajar pancasila merupakan hal yang baru dalam dunia pendidikan. Pembelajaran berbasis projek kali ini berbeda dengan pembelajaran berbasis projek pada biasanya, tujuan utama dalam pembelajaran berbasis projek ini berfokus pada penguatan dimensi profil pelajar pancasila dalam membentuk karakteristik peserta didik sesuai dengan pelajar sepanjang hayat dan berjiwa pancasila. Dimana pada saat ini nilai-nilai pancasila semakin luntur diakibatkan perkembangan zaman yang semakin modern. Dalam mengatasi degradasi moral kemendikbud menetapkan profil pelajar pancasila sebagai upaya dalam mewujudkan pelajar Indonesia yang berkompetensi global dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang diterapkan melalui pembelajaran berbasis projek penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka di SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar lampung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berupaya menggambarkan kejadian atau fenomena yang terjadi di SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung, tentang bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka di SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung, mulai dari tahap perencanaa, pelaksanaan, hingga pada tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka di SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar lampung, sedangkan data sekunder diperoleh dari teori-teori, buku, penelitian yang relevan, jurnal, dan data dokumentasi sekolah yang berhubungan dengan masalah yang akan diteliti. Semua data-data tersebut merupakan bahan-bahan dalam mendeskripsikan atau menggambarkan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka di SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka diSDIT Fitrah Insani kedamaian Bandar Lampung telah dilaksanakan melalui tahapan-tahapan yang sesuai dengan pedoman pengembangan projek profil pelajar pancasila yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, sampai dengan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan projek pengauatn profil pelajar pancasila di SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung, sekolah telah membentuk tim fasilitator projek, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema, alokasi waktu, serta membuat buku panduan projek. Pada tahap pelaksanaan projek pengauatan profil pelajar pancasila di SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung, sekolah menggunakan sintaks yaitu mempersipakan sumber belajar, pengenalan atau menjelaskan projek, bayangan atau menggali permasalahan dilingkungan sekitar, tahap aksi nyata, dan terakhir yaitu bagikan. Pada tahap evaluasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka di SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung, sekolah menggunakan bentuk evaluasi proses yaitu observasi langsung selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. iv ABSTRACT The project to strengthen the profile of Pancasila students is something new in the world of education. Project-based learning at this time is different from the usual project-based learning, the main objective of this project-based learning focuses on strengthening the dimensions of the Pancasila student profile in forming the characteristics of students by lifelong students and a Pancasila spirit. Currently, the values of Pancasila are increasingly fading due to developments in increasingly modern times. In overcoming moral degradation, the Ministry of Education and Culture has established a Pancasila student profile as an effort to create Indonesian students who are globally competent and behave according to Pancasila values which are implemented through project-based learning to strengthen the Pancasila student profile. This research aims to describe the implementation of the project to strengthen the profile of Pancasila students in the independent curriculum at SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung. In this research, researchers used descriptive methods with a qualitative approach. This research attempts to describe events or phenomena that occurred at SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung, regarding how the project to strengthen the profile of Pancasila students in the independent curriculum at SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung was implemented, starting from the planning stage, implementation, to the evaluation stage. This research uses three data collection techniques, namely interview, observation, and documentation techniques. Primary data was obtained directly from respondents regarding the implementation of the project to strengthen the profile of Pancasila students in the independent curriculum at SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung, while secondary data was obtained from theories, books, relevant research, journals, and school documentation data related to the problem. will be researched. All of this data is material describing or illustrating the implementation of the character education values of the Pancasila student profile in the independent curriculum at SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung. v The research results show that the implementation of the project to strengthen the Pancasila student profile in the independent curriculum at SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung has been carried out through stages by the guidelines for developing the Pancasila student profile project, namely the planning stage, implementation stage, up to the evaluation stage. At the planning stage of the project to strengthen the profile of Pancasila students at SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung, the school has formed a team of project facilitators, identified the level of readiness of the educational unit, determined dimensions, themes, time allocation, and created a project guidebook. At the implementation stage of the project to strengthen the profile of Pancasila students at SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung, the school uses a syntax, namely preparing learning resources, introducing or explaining the project, imagining or exploring problems in the surrounding environment, the real action stage, and finally, sharing. At the evaluation stage of the project to strengthen the profile of Pancasila students in the independent curriculum at SDIT Fitrah Insani Kedamaian Bandar Lampung, the school used a form of process evaluation, namely direct observation during learning activities. Keywords: Implementation, Independent Curriculum, Project To Strengthen The Profile Of Pancasila Students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Oct 2023 02:50
Last Modified: 17 Oct 2023 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30725

Actions (login required)

View Item View Item