ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AUTOBIOGRAFI TOTTO-CHAN GADIS CILIK DI JENDELA

SA’AADATUR, RAHMAH (2023) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AUTOBIOGRAFI TOTTO-CHAN GADIS CILIK DI JENDELA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB I & BAB 5 SA’AADATUR RAHMAH.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SA’AADATUR RAHMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nilai-nilai pendidikan Islam pada hakikatnya ialah kumpulan dari prinsip-prinsip hidup, ajaran, tentang bagaimana manusia seyogyanya menjalankan kehidupannya di dunia ini. Islam memandang nilai sebagai inti dari pendidikan itu sendiri. Nilai pendidikan Islam dan kaitannya dengan nilai pendidikan yang terkandung dalam buku autobiografi Totto-chan Gadis Cilik di Jendela menjadi kajian yang penting untuk dapat memahami apakah pola pendidikan yang dijalankan di jepang pada waktu itu, dapat di adopsi ataupun tidak. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam buku tersebut kemudian disandingkan untuk di analisis dengan nilai-nilai pendidikan Islam yang memiliki kesamaan konteks meskipun dalam menjalankannya harus disesuaikan dengan ajaran Islam. Adapun nilai – nilai pendidikan Islam yang dimaksud adalah nilai yang berkaitan dengan Aqidah (I‟tiqodiyah), amal atau perbutan keseharian (Amaliyah) dan nilai nilai yang berkaitan dengan Akhlaq (Khuluqiyah). Dari penjelasan di atas, dirumuskan satu rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian yakni : Bagaimana Analisis nilai nilai pendidikan Islam terhadap nilai-nilai pendidikan yang ada dalam autobiografi Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela, Karya Tetsuko Kuroyanagi. Perumusan masalah tersebut bertujuan guna mengetahui apakah ada kesesuaian antara nilai-nilai pendidikan Isalam dengan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam buku tersebut. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam melakukan penelitian menggunakan metode kepustakaan (library reaserch) atau penelitian kepustakaan. Adapun sumber data yang dipakai ialah data-data primer dan sekunder. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif analisis dengan Teknik analisis isi (Content Analysis). Dari hasil kajian, didapatkan bahwa nilai-nilai pendidikan dalam buku autobiografi Totto-chan Gadis Cilik di Jendela memiliki kesesuaian konteks dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan yang juga di ajarkan dalam ajaran agama Islam, khususnya berkaitan dengan Aqidah, Amaliyah dan Akhlak. Dengan hasil penelitian ini dapat membantu para orang tua, pendidik, pengelola Lembaga pendidikan dan pemangku kebijakan dalam hal ini adalah pemerintah untuk dapat menjadi referensi, tentang metode pendidikan atau kebijakan pendidikan seperti apa yang dapat memaksimalkan setiap potensi yang ada pada diri setiap peserta didik. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik tumbuh dan berkembang maksimal sesuai dengan potensi dan kemampuannya. Selain itu, penelitian ini menjadi refleksi tentang bagaimana semestinya pendidikan dijalankan, khususnya di tingkat dasar. Kata kunci : Nilai-nilai pendidikan, Nilai pendidikan Islam. iv ABSTRACT The values of Islamic education are essentially a collection of life principles, teachings, about how humans should live their lives in this world. Islam views values as the core of education itself. The value of Islamic education and its relation to the educational values contained in Totto-chan's autobiographical book The Little Girl in the Window is an important study to understand whether the educational pattern implemented in Japan at that time could be adopted or not. The educational values contained in the book are then compared for analysis with the values of Islamic education which have a similar context, although in carrying them out they must be adapted to Islamic teachings. The values of Islamic education in question are values related to Aqidah (I'tiqodiyah), charity or daily actions (Amaliyah) and values related to Akhlaq (Khuluqiyah). From the explanation above, a problem formulation was formulated which became the focus of the research, namely: How to analyze the values of Islamic education on the educational values contained in Totto-Chan's autobiography, The Little Girl in the Window, by Tetsuko Kuroyanagi. The aim of the problem formulation is to find out whether there is a match between Islamic educational values and the educational values contained in the book. This research is a type of qualitative research. When conducting research, use the library method (library research) or library research. The data sources used are primary and secondary data. The data will be analyzed using descriptive analysis methods with content analysis techniques. From the results of the study, it was found that the educational values in Totto-chan's autobiographical book Little Girl in Window are in context with the values of Islamic education. That there are educational values that are also taught in the teachings of the Islamic religion, especially those related to Aqidah, Amaliyah and Morals. The results of this research can help parents, educators, managers of educational institutions and policy makers, in this case the government, to be a reference regarding what kind of educational methods or educational policies can maximize every potential that exists in each student. This aims to ensure that students grow and develop optimally according to their potential and abilities. Apart from that, this research is a reflection on how education should be carried out, especially at the elementary level. Keywords: Educational values, Islamic educational values.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Oct 2023 08:44
Last Modified: 16 Oct 2023 08:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30722

Actions (login required)

View Item View Item