PENGARUH REFERENCE GROUP DAN LIFE STYLE GENERASI MILENIAL TERHADAP FENOMENA MAHASISWA BEKERJA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2018-2020 UIN Raden Intan Lampung)

DION, SAPUTRA (2023) PENGARUH REFERENCE GROUP DAN LIFE STYLE GENERASI MILENIAL TERHADAP FENOMENA MAHASISWA BEKERJA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2018-2020 UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DION SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat di era globalisasi sangat membantu untuk menumbuhkan perekonomian suatu negara, hal ini dapat ditinjau dari berkembangnya industri dan teknologi yang semakin hari semakin maju. Reference Group Dan Life Style Generasi Milenial merupakan pola tindakan yang membedakan satu orang dengan yang lainnya. Gaya hidup menunjukkan secara keseluruhan bagaimana seseorang hidup, bagaimana mereka menggunakan atau membelanjakan uang, juga bagaimana mereka mengalokasikan waktu yang dapat dilihat melalui aktivitas kesehariannya. Hal ini juga dipengaruhi oleh modernisasi yang terjadi di Indonesia, juga yang menjadi dasar mahasiswa dianggap sebagai aset negara, agen perubahan, dan berbagai tuntutan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Reference Group Berpengaruh Terhadap Fenomena Mahasiswa Bekerja dalam Perspektif Ekonomi Islam. Dan Untuk Mengetahui Apakah Life Style Generasi Milenial Berpengaruh Terhadap Fenomena Mahasiswa Bekerja dalam Perspektif Ekonomi Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2018-2020 UIN RIL. Metode pengumpulan datanya adalah metode questionare. Teknik analisis data adalah uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda dengan program SPSS 22. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa Reference group dan Life style generasi milenial berpengaruh terhadap fenomena mahasiswa bekerja. Reference group dan life style merupakan faktor yang sangat mempengaruhi sikap dan prilaku seseorang dalam mengambil suatu keputusan. Dalam ekonomi Islam fenomena mahasiswa yang bekerja bukan tidak mungkin mereka mendapat kemulian atas perjuangan mereka dalam meringankan beban orang tuanya dan terus menuntut ilmu melakukan usaha atau berbisnis adalah hal yang dihalalkan selama di dalamnya terkandung kaidah�kaidah Islam. Kata Kunci : Reference Group, Life Style, Generasi Milenial, Fenomena Mahasiswa Bekerja. ABSTRACT The rapid development and progress in the era of globalization is very helpful for growing the economy of a country, this can be seen from the development of industry and technology which are increasingly advancing day by day. Millennial Generation Reference Group and Life Style is a pattern of action that distinguishes one person from another. Lifestyle shows as a whole how a person lives, how they use or spend money, also how they allocate time which can be seen through their daily activities. This is also influenced by the modernization that is happening in Indonesia, also on the basis that students are considered as state assets, agents of change, and various other demands. This study aims to find out whether the Reference Group has an Influence on the Phenomenon of Working Students in the Perspective of Islamic Economics. And to find out whether the Millennial Generation's Life Style has an Influence on the Phenomenon of Working Students in the Perspective of Islamic Economics. The population in this study were students of the Faculty of Islamic Economics and Business class 2018-2020 UIN RIL. The data collection method is the questionare method. The data analysis technique is the classical assumption test, and multiple regression analysis with the SPSS 22 program. Overall, the results of the study show that the Millennial generation's Reference group and Life style influence the phenomenon of working students. Reference group and life style are factors that greatly influence a person's attitude and behavior in making a decision. In Islamic economics, the phenomenon of students working is not impossible for them to gain glory for their struggle in lightening the burden on their parents and continuing to study doing business or doing business is something that is permissible as long as it contains Islamic principles. Keywords : Reference Group, Life Style, Millennial Generation, Student Work Phenomenon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Oct 2023 08:03
Last Modified: 16 Oct 2023 08:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30717

Actions (login required)

View Item View Item