TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGGANTIAN SEBAGIAN UPAH KARYAWAN KE DALAM BENTUK PRODUK MAKANAN (Studi Kasus PT. Torabika Eka Semesta Bandar Lampung).

Apria, Dwi Nugraha (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PENGGANTIAN SEBAGIAN UPAH KARYAWAN KE DALAM BENTUK PRODUK MAKANAN (Studi Kasus PT. Torabika Eka Semesta Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1& BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL APRIA DWI NUGRAHA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan pengupahan terhadap karyawan PT. Torabika Eka Semesta Bandar Lampung beberapa kali dilakukan dengan cara menggantikan sebagian upah karyawan ke dalam bentuk produk makanan dari PT Mayora Indah Tbk yang merupakan induk korporasi dari PT. Torabika Eka Semesta Bandar Lampung. Menurut data prasurvei yang penulis lakukan dapat diketahui bahwa para karyawan upahnya dialihkan ke dalam bentuk makanan senilai tiga ratus ribu rupiah, dan sebelum ketentuan pengupahan ini diberlakukan sudah terlebih dahulu diumumkan ke seluruh karyawan yang bersangkutan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan penggantian sebagian upah karyawan ke dalam bentuk produk makanan di PT. Torabika Eka Semesta Bandar Lampung ? dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penggantian sebagian upah karyawan ke dalam bentuk produk makanan di PT. Torabika Eka Semesta Bandar Lampung?. Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian yang dilakukan ini adalahu ntuk mengetahui pelaksanaan penggantian sebagian upah karyawan ke dalam bentuk produk makanan di PT. Torabika Eka Semesta Bandar Lampung. Dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penggantian sebagian upah karyawan ke dalam bentuk produk makanan di PT. Torabika Eka Semesta Bandar Lampung. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Data primer dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, dan dilengkapi dengan data sekunder. Analisis dalam skripsi ini dilakukan secara kualitatif dengan metode berfikir induktif yaitu berasal dari fakta-fakta yang khusus dari peristiwa yang ditarik generalisasi secara umum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pengalihan Sebagian gaji karyawan ke dalam produk makanan ini merupakan bentuk dari kesepakatan antar karyawan, mengingat keseharianya digunakan untuk berkantor sehingga pengalihan Sebagian gaji ke dalam produk makanan merupakan sebagai solusi dan bentuk kerjasama antara karyawan dengan perusahaan untuk memberikan kemudahan dan keefesiensian karyawan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok dalam rumah tangga. Pengalihan Sebagian Upah Karyawan di PT. Torabika Eka Semesta Bandar Lampung ke dalam bentuk produk makanan dalam tinjauan hukum Islam, telah sesuai dengan Hukum Islam, dengan dasar bahwa dalil tertinggi dari hubungan bermuamalah adalah kesepakatan. Yaitu Pengalihan Sebagian Upah Karyawan di PT. Torabika Eka Semesta Bandar Lampung dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan dan persetujuan, berserikat dalam usaha mewujudkan kemashlahatan para pihak yang ada di dalam akad dan tidak ada unsur-unsur yang dapat merugikan para pihak. Kata Kunci: Pengalihan, Gaji Karyawan, Produk Makanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Oct 2023 08:01
Last Modified: 16 Oct 2023 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30716

Actions (login required)

View Item View Item