TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBAYARAN ZAKAT MENGGUNAKAN GO-PAY (Studi Pada Pengguna Aplikasi Go-Jek di Perumahan Bumi Raya Kecamatan Bumi Waras Bandar Lampung)

Adinda, Putri Maharani (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBAYARAN ZAKAT MENGGUNAKAN GO-PAY (Studi Pada Pengguna Aplikasi Go-Jek di Perumahan Bumi Raya Kecamatan Bumi Waras Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADINDA PUTRI MAHARANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Go-Pay merupakan pembayaran non tunai yang dilakukan secara digitalisasi melalui akun Go-Pay. Go-Pay tidak hanya berfungsi sebagai alat tukar terhadap pembayaran makan, minum, transportasi dan tagihan listrik, melainkan melalui Go-Pay juga dapat dilakukan pembayaran zakat. Zakat merupakan bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim apabila telah mencapai syarat yang di tetapkan. Sebagai salah satu rukun Islam, zakat ditunaikan untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya.. Zakat dikeluarkan dari harta yang dimiliki. Akan tetapi, tidak semua harta terkena wajib zakat. Salah satu syarat dikenakannya zakat ialah apabila harta tersebut merupakan barang halal dan diperoleh dengan cara yang halal. Adapun penulis melakukan penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fitur pembayaran zakat menggunakan uang digital yaitu Go-Pay, sehingga uang digital tersebut dimanfaatkan untuk hal keagamaan seperti zakat. Islam sangat melarang segala sesuatu yang dapat merusak kehidupan perekonomian. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mengambil objek penelitian pada Aplikasi Go-Pay. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh langsung melalui wawancara dan dokumentasi, sementara data sekunder merupakan informasi lebih lanjut yang berkenan dengan problem penelitian dari literatur atau penelitian terdahulu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu menganalisis data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk mengetahui praktik pembayaran zakat menggunakan Go�Pay. Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik pembayaran zakat menggunakan Go-Pay pada aplikasi Go-Jek ini telah memenuhi rukun dan syarat zakat, terkait dengan syarat akad yaitu 'aqidain, ma'qud'alaih, dan shighah sudah terpenuhi karena terdapat ahliyah yaitu pihak Go-Jek dan BAZNAS sebagai lembaga yang mampu sesuai dengan kapasitasnya, telah terdapat pihak yang melakukan akad yaitu pengguna Go-Pay dan Perusahaan Gojek ('aqidain), objek akad (ma'qud'alaih) berupa uang berbasis elektronik yaitu Go-Pay yang berfungsi sebagai alat pembayaran, serta qabul yang telah dilaksanakan karena saat pengguna melakukan top up dan/atau melakukan pembayaran menggunakan Go-Pay pengguna secara tidak langsung merasa puas dengan transaksi tersebut. Kata Kunci : Zakat, Praktik, Go-Pay

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:43
Last Modified: 16 Oct 2023 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30698

Actions (login required)

View Item View Item