PENGARUH IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL TERHADAP PENURUNAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII H DI SMP NEGERI 4 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH

RAHMA, AMELIA (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL TERHADAP PENURUNAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII H DI SMP NEGERI 4 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Self control (Pengendalian diri) merupakan kemampuan untuk membimbing tingkah laku sendiri kemampuan untuk menekan implus-implus atau tingkah laku implusif. Kecanduan game online adalah suatu kondisi seseorang yang terikat pada kebiasaan yang terus dikerjakan serta sangat kuat dan tidak bisa berhenti untuk bermain game online, dan perlahan-lahan akan terjadi peningkatan frekuensi, durasi, atau intensitas dalam melakukan hal tersebut, tanpa memperdulikan situasi serta kondisi yang akan terjadi pada diri sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh implementasi layanan konseling kelompok dengan teknik self control terhadap penurunan kecanduan bermain game online pada peserta didik kelas VII H SMP Negeri 4 Terbanggi Besar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan Pre-Experimental design dalam bentuk One-Group Pre-test Post-test Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, angket dan observasi serta dokumentasi. Proses pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive sampling, dengan populasi yaitu peserta didik kelas VII H dan sampel sebanyak 7 peserta didik kelas VII H yang memiliki permasalahan kecanduan game online. Peserta didik dilakukan pre-test sebelum diberikan perlakuan berupa Konseling kelompok dengan teknik Self Control guna menurunkan tingkat kecanduan game online peserta didik. Adapun hasil yang diperoleh dari pengujian hasil pretest 73,5 (kategori tinggi). Setelah diberi perlakuan, maka dilakukan post-test, dengan hasil 43 (kategori rendah). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus Uji Wilcoxon dan didapatkan nilai Zhitung sebesar -2,384 serta taraf signifikan 5% dan diketahui Asymp. Sig. (2 tailed) dengan nilai 0,017. Karena 0,017 < 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh implementasi layanan konseling kelompok dengan teknik Self Control terhadap penurunan kecanduan game online pada peserta didik kelas VII H di SMPN 4 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Kata Kunci : Self Control, Pengaruh, Kecanduan Game Online iv ABSTRACT Self control is the ability to guide one's own behavior, the ability to suppress impulses or impulsive behavior. Online game addiction is a condition of a person who is tied to a habit that is continuously carried out and is very strong and cannot stop playing online games, and slowly there will be an increase in the frequency, duration or intensity of doing this, regardless of the situation and conditions. will happen to you. The aim of this research is to determine the effect of implementing group counseling services using self-control techniques on reducing addiction to playing online games in class VII H students at SMP Negeri 4 Terbanggi Besar. The type of research used in this research is quantitative with Pre-Experimental design in the form of One-Group Pre-test Post-test Design. The data collection techniques used were interviews, questionnaires and observation and documentation. The sampling process in this study used purposive sampling, with the population being class VII H students and a sample of 7 class VII H students who had online game addiction problems. Students are given a pre-test before being given treatment in the form of group counseling with Self Control techniques to reduce students' level of online game addiction. The results obtained from the pretest were 73.5 (high category). After being given treatment, a post�test was carried out, with a result of 43 (low category). The hypothesis test in this study used the Wilcoxon Test formula and obtained a Zcount value of -2.384 and a significance level of 5% and known as Asymp. Sig. (2 tailed) with a value of 0.017. Because 0.017 < 0.05, it can be concluded that Ho is accepted. Thus, it can be stated that there is an influence of the implementation of group counseling services using Self Control techniques on reducing online game addiction in class VII H students at SMPN 4 Terbanggi Besar, Central Lampung. Keywords: Self Control, Influence, Online Game Addiction

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:02
Last Modified: 16 Oct 2023 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30684

Actions (login required)

View Item View Item