IMPLEMENTASI PELAKSANAAN LITERASI DAN NUMERASI DI SD NEGERI 3 DATARAJAN KECAMATAN ULUBELU KABUPATEN TANGGAMUS

SITI, KUTSIAH (2023) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN LITERASI DAN NUMERASI DI SD NEGERI 3 DATARAJAN KECAMATAN ULUBELU KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI KUTSIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gambaran perencanaan pelaksanaan, pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan literasi dan numerasi di SD Negeri 3 Datarajan, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus. penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dalam hal ini dengan mengamati gambaran pelaksanaan literasi dan numerasi di SD Negeri 3 Datarajan, bagaimana penerapan pelaksanaan literasi dan numerasi di terapkan. Penelitian ini menggunakan tekhnik Pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai pelaksanaan literasi dan numerasi yaitu kepala sekolah dan guru kelas. sedangkan data sekundernya yaitu peserta didik, data dokumentasi implementasi pelaksanaan literasi dan numerasi. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan pelaksanaan literasi dan numerasi di SD Negeri 3 Datarajan, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus. Hasil penelitian yaitu pelaksanaan literasi dan numerasi sudah terlaksana yaitu Rancangan program literasi numerasi yang ada di SD Negeri 3 Datarajan yakni rancangan secara umum belum terprogram seperti literasi bahasa yaitu kegiatan membaca buku non pelajaran selama lima belas menit sebelum pembelajaran dimulai. adanya program berkunjung ke perpustakaan. . dalam pelaksanaan program literasi numerasi yaitu terdapat tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Evaluasi pelaksanaan literasi numerasi yaitu terdapat kendala belum adanya pelatihan guru mengenai program literasi dan numerasi dan upaya memfasilitasi guru untuk mengikuti workshop atau pelatihan-pelatihan. Kata kunci : Implementasi, Literasi dan Numerasi, Pelaksanaan iii ABSTRACT This research aims to describe an overview of implementation planning, implementation and evaluation of literacy and numeracy implementation at SD Negeri 3 Datarajan, Ulubelu District, Tanggamus Regency. This research is descriptive qualitative research, in this case by observing a picture of the implementation of literacy and numeracy at SD Negeri 3 Datarajan, how the implementation of literacy and numeracy is implemented. This research uses observation, interview and documentation data collection techniques. Primary data was obtained directly from respondents regarding the implementation of literacy and numeracy, namely school principals and class teachers. while the secondary data is students, documentation data on the implementation of literacy and numeracy. All of this data is material to describe the implementation of literacy and numeracy at SD Negeri 3 Datarajan, Ulubelu District, Tanggamus Regency. The results of the research are that the implementation of literacy and numeracy has been implemented, namely the design of the numeracy literacy program at SD Negeri 3 Datarajan, namely that the general design has not been programmed, such as language literacy, namely the activity of reading non-textbooks for fifteen minutes before learning begins. there is a library visit program... in implementing the numeracy literacy program, there is a habituation stage, a development stage and a learning stage. Evaluation of the implementation of numeracy literacy is that there are obstacles in the absence of teacher training regarding literacy and numeracy programs and efforts to facilitate teachers to take part in workshops or training. Keywords: Implementation, Literacy and Numeracy, Implementation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:38
Last Modified: 13 Oct 2023 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30679

Actions (login required)

View Item View Item