PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI FABEL UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

CHINDI, PUTRI ANDRE AGASI (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI FABEL UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan bahan ajar, menghasilkan produk yang dikembangkan dengan desain yang sesuai usia anak yaitu video animasi fabel untuk meningkatkan sosial emosional anak usia dini yang layak untuk digunakan sebagai penunjang bahan ajar di TK Islam Bina Balita Wayhalim Permai dan TK Kurnia Teluk betung Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development menggunakan prosedur ADDIE. Langkah-langkah penelitian ini meliputi: 1) Analisis (Analisysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), 5) Evaluasi (Evaluation). Uji coba pada penelitian ini terbagi menjadi dua yakni uji coba ahli yang meliputi ahli media ahli materi, dan ahli bahasa serta uji coba produk di TK Islam Bina Balita dan TK Kurnia. Metode pengumpulan data yang dilakukan yakni menggunakan observasi dan dokumentasi, teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penilaian terhadap kelayakan media yang dilakukan oleh ahli media menunjukkan persentase 96,67 dengan kriteria “Sangat Valid”, penilaian oleh ahli materi menunjukkan skor 94,38 dengan kriteria “Sangat Valid ”, serta penilaian oleh ahli bahasa menunjukkan persentase 93,06 kriteria “Sangat Valid”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menghasilkan produk berupa media pembelajaran video animasi fabel yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar menghasilkan produk brupa media pembelajaran video animasi fabel untuk meningkatkan sosial emosional anak usia dini. Kata kunci : Video animasi fabel Sosial emosional iv ABSTRAK This research was carried out with the aim of producing teaching materials, producing products developed with designs that are appropriate to the child's age, namely animated fable videos to improve the social and emotional nature of early childhood which are suitable for use as supporting teaching materials at Bina Balita Wayhalim Permai Islamic Kindergarten and Kurnia Teluk Betung Kindergarten. North. This research uses Research and Development research using the ADDIE procedure. The steps of this research include: 1) Analysis (Analysissis), 2) Design (Design), 3) Development (Development), 4) Implementation (Implementation), 5) Evaluation (Evaluation). The trials in this research were divided into two, namely expert trials which included media experts, material experts and language experts, as well as product trials at Bina Balita Islamic Kindergarten and Kurnia Kindergarten. The data collection method used was observation and documentation, the data collection technique in the research was using quantitative descriptive and qualitative descriptive data analysis techniques. The results of the assessment of media suitability carried out by media experts showed a percentage of 96.67 with the criteria "Very Valid", the assessment by material experts showed a score of 94.38 with the criteria "Very Valid", and the assessment by language experts showed a percentage of 93.06 with the criteria " Very Valid”. The results of the research show that producing a product in the form of fable animated video learning media produced in this development research is declared suitable for use as teaching material to produce a product in the form of fable animated video learning media to improve the social emotionality of early childhood. Keywards : Fable animated video, Social Emotional

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:50
Last Modified: 13 Oct 2023 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30675

Actions (login required)

View Item View Item