IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN MESUJI NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG KABUPATEN LAYAK ANAK DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Kabupaten Mesuji)

BERLIANIS, OCHA ELISHIA (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN MESUJI NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG KABUPATEN LAYAK ANAK DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Kabupaten Mesuji). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BERLIANIS OCHA ELISHIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Anak adalah amanah sekaligus karunia Allah SWT yang senantiasa harus dijaga karena dalam dirinya melekat harkat, martabat, dan hak-hak sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi. Namun kekerasan pada anak masih saja terjadi. Peraturan Daerah Kabupaten Mesuji No 2 tahun 2020 tentang Kabupaten Layak anak diarahkan agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Mesuji Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Kabupaten Layak Anak Dalam Upaya Penanggulangan Kekerasan Seksual Terhadap Anak? 2) Bagaimana Pandangan Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Mesuji Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Kabupaten Layak Anak Dalam Upaya Penanggulangan Kekerasan Seksual Terhadap Anak?. Tujuan penelitian ini yaitu, 1). Untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Mesuji Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Kabupaten Layak Anak Dalam Upaya Penanggulangan Kekerasan Seksual Terhadap Anak. 2). Untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Mesuji Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Kabupaten Layak Anak Dalam Upaya Penanggulangan Kekerasan Seksual Terhadap Anak Dalam Perspektif Fiqh Siyasah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu, field research (lapangan) dan di dampingi dengan lilbrary research (kepustakaan). Teknik pengambilan data menggunakan sumber data primer yang di peroleh dari hasil wawancara, serta dokumentasi dan sumber data sekunder yang di peroleh dari beberapa buku, jurnal, dan website yang relevan dengan judul penelitian ini. Analisa data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu, dekriptif kualitatif. Implementasi Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2020 tentang kabupaten layak anak dalam upaya menangani dan menanggulangi tindak kekerasan seksual dapat dikatakan masih kurang optimal atau belum tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, dikarenakan kurangnya anggaran untuk mensosialisasikan peraturan daerah iii tersebut kepada masyarakat, akibatnya sosialisasi tidak maksimal dan pemahaman masyarakat tidak tersampaikan dengan baik. kurangnya memberikan efek jera terhadap pelaku menyebabkan masih banyaknya terjadi kekerasan seksual terhadap anak di kabupaten Mesuji. Sedangkan Pandangan Fiqh Siyasah terhadap implementasi peraturan daerah tentang kabupaten layak anak masih belum sesuai syariat islam dikarenakan kurangnya perhatian terhadap penanggulangan kekerasan seksual terhadap anak. Karena tujuan pemerintah haruslah menjalankan aturan yang telah ditetapkan agar tercapai kemaslahatan. Kata Kunci: Kekerasan Seksual, Hak anak, Perlindungan anak, Anak, Korban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:54
Last Modified: 13 Oct 2023 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30671

Actions (login required)

View Item View Item