PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK SEBAGAI PEMBENTUK IDENTITAS REMAJA GENERASI Z

Yuri, Gitta Fadhila (2023) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK SEBAGAI PEMBENTUK IDENTITAS REMAJA GENERASI Z. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of YURI GITA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK SEBAGAI PEMBENTUK IDENTITAS REMAJA GENERASI Z Oleh Yuri Gitta Fadhila Media sosial Tik Tok terbukti memiliki ranking yang baik di Playstore, yaitu dari atau . ada lebih dari juta pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh media sosial Tik Tok sebagai pembentuk identitas dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadikan Tik Tok sebagai pembentukan identitas remaja Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya berbagai layanan dimedia sosial seperti Tik Tok dapat membentuk identitas diri remaja menjadi lebih dewasa dari usianya, keterbukaan diri remaja melalui keinginan untuk bisa eksis dengan memposting kegiatan yang dilakukan dan mengungkapkan kegiatan pribadi dalam bentuk editan foto atau video. Media sosial Tik Tok sangat berdampak membentuk diri yang negatif dilingkungan remaja, dengan menyalahgunakan media sosial untuk keseharian remaja seperti pada saat membuka Tik Tok remaja akan asik melihat postingan yang ada dimedia sosial sehingga melalaikan kegiatan yang akan remaja lakukan. Kata kunci : Media Sosial, Tik-Tok, Identitas Diri, Generasi Z. ABSTRACT THE INFLUENCE OF TIK TOK'S SOCIAL MEDIA AS THE FORMATION OF Z GENERATION ADOLESCENT IDENTITY By Yuri Gitta Fadhila Social media Tik Tok is proven to have a good ranking on Playstore, which is out of , or . there are more than million users. This study aims to understand the influence of Tik Tok social media as identity formation and describe the factors that make Tik Tok the identity formation of Generation Z. This research uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques through interviews and document studies. The results of this study indicate that the existence of various social media services such as Tik Tok can form adolescent self-identities to become more mature than their age, self-disclosure of adolescents through the desire to be able to exist by posting activities carried out and disclosing personal activities in the form of photo or video edits. Tik Tok's social media has a very large impact on forming a negative self in the youth environment, by misusing social media for the daily lives of teenagers, such as when opening Tik Tok, adolescent will be engrossed in seeing posts on social media so they neglect the activities that teenagers are going to do. Keywords: Social Media, Tik-Tok, Self-Identity, Generation Z.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:09
Last Modified: 12 Oct 2023 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30667

Actions (login required)

View Item View Item