PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DEMOKRATIS MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET GROUP PLAY THERAPY PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK PANTI ASUHAN AR-RA’UF SYAHIRA BANDAR LAMPUNG

Irvan, Korendra (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DEMOKRATIS MELALUI PERMAINAN PETAK UMPET GROUP PLAY THERAPY PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK PANTI ASUHAN AR-RA’UF SYAHIRA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKirpsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKirpsi Irvan Korendra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sumber daya manusia yang berkarakter menjadi kebutuhan yang sangat mendesak bagi bangsa Indonesia karena di zaman modern sekarang eksistensi akhlak mulia malah semakin menurun kualitasnya dan generasi muda mulai kehilangan karakter dan nilai-nilai moralnya. Penyebab terbesar dalam krisis ini adalah gagalnya pembangunan karakter anak. Kegagalan ini terjadi karena aspek akhlak atau moralitas terabaikan dalam proses pendidikan yang sedang berlangsung. Untuk mengatasi masalah kemerosotan budaya dan karakter bangsa tersebut, banyak pihak berkeyakinan bahwa pendidikan masih berperan penting karena pendidikan dianggap sebagai alternatif yang bersifat preventif yang diharapkan dapat mengembangkan budaya dan karakter generasi muda bangsa ini dalam berbagai aspek kehidupan, yang dapat memperkecil atau mengurangi penyebab berbagai masalah kemerosotan budaya dan karakter bangsa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan petak umpet untuk menanamkan nilai-nilai karakter demokratis anak sekolah dasar di lembaga kesejahteraan sosial anak panti asuhan Ar-Ra’uf Syahira. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling terdiri dari 13 informan yaitu 10 orang anak, 1 ketua dan dua pengurus. Teknik analisis data menggunakan teori Milles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya tahapan-tahapan dalam permainan petak umpet. pada tahap awal/pendahuluan peneliti dan pengurus panti menjelaskan kepada anak-anak mengenai permainan petak umpet, aturan-aturan dalam permainan petak umpet dan menanyakan kesiapan anak-anak panti untuk bermain. Tahap Inti, permainan petak umpet dilaksanakan oleh anak panti dengan melakukan musyawarah terlebih dahulu dan memulai permainan menggunakan hompimpa. Anak-anak melakukan permainan secara langsung dengan adanya pengawasan dari peneliti dan pihak pengasuh panti untuk melihat dalam kegiatan ini dilakukan dengan catatan setiap anak yang melakukan permainan yaitu ada sepuluh anak yang bermain petak umpet di tahap ini penulis dan pengasuh melihat sikap anak mulai dari tanggung jawab, menghormati sesama lain dan mengemukakan pendapat jujur, mandiri, sportif, percaya diri, kerja sama, dan toleransi. Pada tahap penutup ini dilakukan dengan menyelesaikan permainan. Untuk evaluasi dilakukan dengan cara wawancara dengan anak-anak panti asuhan yang bermain dan kepada pihak pengurus yang menyaksikan permainan yang telah dilakukan. Setelah adanya evaluasi dengan wawancara kepada anak-anak panti dan juga pengasuh panti dihari berikutnya menunjukkan hasil bahwa dengan adanya permainan petak umpet ini akan membantu menanamkan nilai-nilai karakter demokrasi. Keyword: Karakter Demokrasi, Petak Umpet, Anak Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:27
Last Modified: 12 Oct 2023 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30662

Actions (login required)

View Item View Item