PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DIGITAL DAN ANGKATAN KERJA PRODUKTIF TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI INDONESIA TAHUN - DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Alika, Novelia (2023) PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DIGITAL DAN ANGKATAN KERJA PRODUKTIF TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI INDONESIA TAHUN - DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of ALIKA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kasus COVID- telah membuka wawasan baru mengenai krisis pembangunan manusia di Indonesia dalam tahun terakhir, dimana dampak terbesar dirasakan pada salah satu dimensi dasar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yaitu standar layak hidup yang menurun hingga sebesar - . Di masa ini, produktivitas masyarakat menjadi faktor utama dalam mempertahankan kualitas hidup yang sudah ada agar tidak terdampak bencana. Pemanfaatan teknologi digital dalam aspek ekonomi juga telah memberi ruang bagi masyarakat yang terhalang jarak dengan pasar untuk memperoleh penghasilan demi terpenuhinya kebutuhan hidup. Dari paparan tersebut dapat dirumuskan permasalahan penelitian yakni bagaimana pengaruh pertumbuhan ekonomi digital dan angkatan kerja produktif terhadap IPM di Indonesia tahun - , baik secara parsial maupun simultan, berikut ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam. Sehingga tujuan penelitian adalah untuk mengetahui fenomena pengaruh pertumbuhan ekonomi digital dan angkatan kerja produktif terhadap IPM di Indonesia tahun - , baik secara parsial maupun simultan, berikut tinjauannya dari perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini disajikan dalam bentuk data time series selama tahun yang dikaji menggunakan metode kuantitatif-deskriptif dengan analisis regresi linier berganda dan memakai alat bantu analisis yakni Eviews . Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah purposive sampling dengan kriteria sampelnya yaitu pertumbuhan ekonomi digital, angkatan kerja produktif, dan IPM selama periode - . Hasil uji penelitian menyimpulkan bahwa variabel pertumbuhan ekonomi digital secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap IPM yang ditunjukkan dengan nilai koefisien sebesar - . Sedang variabel angkatan kerja produktif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap IPM dengan nilai koefisien yakni . Secara simultan kedua variabel bebas, pertumbuhan ekonomi digital dan angkatan kerja produktif berpengaruh positif signifikan terhadap IPM di Indonesia pada tahun - . Tinjauan ekonomi Islam memandang bahwa aktivitas ekonomi digital hukumnya adalah dibolehkan selama belum ada dalil yang melarang, kehadiran ekonomi ini akan meningkatkan syariah dalam upaya pembangunan manusia dapat tercapai. Kata Kunci : Pembangunan Manusia, Ekonomi Digital, Angkatan Kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:45
Last Modified: 12 Oct 2023 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30655

Actions (login required)

View Item View Item