PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM KEARIFAN LOKAL ( Studi Pada Industri Kerajinan Tapis Lampung Di Galeri Mutiara Sukabumi Bandar Lampung )

PANJI, AHMAD NUGRAHA (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM KEARIFAN LOKAL ( Studi Pada Industri Kerajinan Tapis Lampung Di Galeri Mutiara Sukabumi Bandar Lampung ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of sskripsi 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI PANJI AHMAD NUGRAHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Semua manusia ingin menginginkan kehidupan layak. Tidak ada manusia yang ingin menjalani kehidupan dengan kekurangan. Namun, dalam memenuhi kehidupan yang layak bagi Masyarakat secara ekonomi, pendidikan, sosial dan lainnya. Terbentur halangan disebabkan oleh bermacam-macam faktor. Upaya yang di lakukan oleh Galeri Mutiara adalah memberikan penguatan berupa pelatihan bagi ibu-ibu dan Masyarakat melalui Keterampilan Tapis Dan Sulam Usus Di Sukabumi. Hal ini didasari masih jarangnya Masyarakat atau ibu-ibu yang diberdayakan serta belum ada wadah untuk memfasilitasi masyarakat, Galeri Mutiara hadir sebagai pemberi pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Sukabumi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana proses pemberdayaan melalui Kearifan Budaya Lokal jenis keterampilan tapis di Galeri Mutiara Sukabumi Bandar Lampung. Dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Bagaimana proses pemberdayaan melalui Kearifan Budaya Lokal jenis keterampilan tapis di Galeri Mutiara Sukabumi Bandar Lampung. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dalam proses pengumpulan datanya dari lokasi atau lapangan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk menganalisa menggunakan analisa kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik purposive sampling yaitu sempel diambil dengan berdasarkan pertimbangan subyektif peneliti, dasar pertimbangan ditentukan oleh peneliti berdasarkan persyaratan kirteria yang harus dipenuhi sebagai sampel. Hasil yang dicapai dari kegiatan pemberdayaan Kearifan Lokal Kerajinan Tapis Dan Sulam usus sangat berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan ibu-ibu atau masyarakat. Perubahan sebelum dan sesudah dilakukan pemberdayaan tentu mengalami perubahan yang sangat signifikan , sesuai dengan uraian yang sudah penulis jelaskan dalam analisis penelitian , adanya kegiatan pemberdayaan memberikan peningkatan pendapatan secara berkelanjutan dengan begitu perubahan peningkatan pendapatan ekonomi keluarga dikatakan cukup baik. Pemberdayaan yang dilakukan oleh Ibu Dian Pemilik Galeri Mutiara dapat dikatakan berhasil mengubah pola pikir atau mengembangkan kapasitas masyarakat Sukabumi diKelurahan Sukabumi dalam menjalankan Kearifan Lokal Kerajinan Tapis sehingga terwujudnya masyarakat yang berdaya dan mandiri, dengan demikian keberhasilan kegiatan pemberdayaan sampai saat ini sudah tercapai 85% Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat Kearifan Lokal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:53
Last Modified: 12 Oct 2023 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30652

Actions (login required)

View Item View Item