STRATEGI PELAYANAN DALAM UPAYA MENJAGA LOYALITAS MUZAKKI DI BAZNAS KOTA BANDAR LAMPUNG

AHMAD, TATA TRIADI (2023) STRATEGI PELAYANAN DALAM UPAYA MENJAGA LOYALITAS MUZAKKI DI BAZNAS KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi AHMAD TATA TRIADI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

BSTRAK STRATEGI PELAYANAN DALAM UPAYA MENJAGA LOYALITAS MUZAKKI DI BAZNAS KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh AHMAD TATA TRIADI Perkembangan dan peningkatan strategi pelayanan lembaga zakat dari tahun ketahun semakin menjadi perhatian para muzakki. Hal ini dapat dilihat dari ketatnya persahingan dalam mencapai kualitas pelayanan yang optimal, orientasi dunia penghimpun dana (fundraising) telah mengalami perubahan dari program orientasi ke peningkatan orientasi muzzaki. Dalam hal ini perusahaan harus mempertimbangkan loyalitas muzakki selain dari pencapaian keuntungan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi pelayanan dalam upaya menjaga loyalitas muzakki pada BAZNAS Kota Bandar Lampung. jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif, dengan berfokus pada konsep penelitian deskriptif, peneliti berusaha untuk menggambarkan atau menjelaskan segala kejadian dan peristiwa sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Dengan tujuan yaitu memaparkan atau menggambarkan secara sistematis. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada ketua dan juga beberapa divisi lainnya di BAZNAS Kota Bandar Lampung yang memberikan data yang diperlukan dalam penelitian. Observasi dilakukan menggunakan data langsung dari objek penelitian dan dokumentasi dilakukan guna mendapatkan data berupa catatan dan berkas yang berhubungan dengan Strategi Pelayanan Dalam Upaya Menjaga Loyalitas Muzakki Di Baznas Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Pelayanan Dalam Upaya Menjaga Loyalitas Muzakki Di Baznas Kota Bandar Lampung sudah cukup baik dan sudah dapat dikatakan berhasil karena dibuktikan dengan Kekuatan dari Baznas Kota Bandar Lampung berupa 5 program unggulan seperti Baznas Taqwa, Baznas Cerdas, Baznas Sehat, Baznas Mandiri dan Baznas Peduli. Selain itu juga dibuktikan melalui transparansi, terciptanya kepuasaan, baik kepuasaan para muzakki maupun para mustahiq sehingga sehingga terciptanya loyalitas di Baznas Kota Bandar Lampung yang baik dan adanya peningkatan perolehan zakat dan wakaf yang diperoleh dan yang tersalurkan kepada para mustahiq. Laporan keuangan tersebut berupa neraca, laporan perubahan dana dan laporan perubahan aset kelolaan. Dari hasil laporan keuangan berbentuk neraca mengalami kenaikan yang signifikan. Kata Kunci : Strategi Pelayanan dan Loyalitas Muzakki iii ABSTRAK STRATEGI PELAYANAN DALAM UPAYA MENJAGA LOYALITAS MUZAKKI DI BAZNAS KOTA BANDAR LAMPUNG . The development and improvement of the service strategy of zakat institutions from year to year has increasingly become a concern for muzakki. This can be seen from the intense competition in achieving optimal service quality, the orientation of the world of fundraising has changed from an orientation program to an increase in muzzaki orientation. In this case the company must consider muzakki's loyalty apart from achieving maximum profit. The purpose of this study was to determine the service strategy in an effort to maintain muzakki's loyalty to the BAZNAS of Bandar Lampung City. the type of research used by researchers is qualitative research, by focusing on descriptive research concepts, researchers trying to describe or explain all events and events in accordance with the facts in the field. With the aim of describing or describing systematically. The method used is the interview method, observation method and documentation method. Interviews were conducted with the chairman and also several other divisions at BAZNAS Bandar Lampung City which provided the data needed in the research. Observations were made using direct data from the research object and documentation was carried out in order to obtain data in the form of notes and files related to the Service Strategy in an Effort to Maintain Muzakki Loyalty at Baznas Bandar Lampung City. The results of this study indicate that the Service Strategy in an Effort to Maintain Muzakki Loyalty at Baznas City of Bandar Lampung is quite good and can be said to be successful because it is proven by the Strength of Baznas City of Bandar Lampung in the form of 5 superior programs such as Baznas Taqwa, Baznas Smart, Baznas Sehat, Baznas Mandiri and Baznas Cares. In addition, it is also proven through transparency, the creation of satisfaction, both the satisfaction of the muzakki and the mustahiq so as to create good loyalty at the Baznas of Bandar Lampung City and an increase in the acquisition of zakat and waqf obtained and distributed to mustahiq. The financial reports are in the form of a balance sheet, a report on changes in funds and a report on changes in assets under management. From the results of the financial statements in the form of a balance sheet experienced a significant increase. Keywords: Service Strategy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:43
Last Modified: 11 Oct 2023 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30647

Actions (login required)

View Item View Item