IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG

SETIYO, WATI (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI SETIYO WATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini yaitu sejauh ini sudah menjalankan manajemen kelas dengan baik. Akan tetapi, berdasarkan penelitian terdapat adanya kesulitan mengelola kedisiplinan peserta didik, masih adanya siswa yang terlambat masuk kelas, dan sering ribut didalam kelas. Hal ini terlihat bahwa impelementasi manajemen kelas dalam pembelajaran PAI sangat penting di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari subjek Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru PAI. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kelas dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 9 Bandar Lampung sudah terlaksana dapat dilihat dari; 1) Perencanaan pembelajaran, dalam perencanan manajemen kelas dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 9 Bandar lampung dalam penerapannya membuat program tahunan, program semester, silabus, RPP dan penilaian hasil pembelajaran menjadi acuan dimana kegiatan peroses pembelajaran itu bisa berjalan susuai perencanaannya. 2) Pengorganisasi manajemen kelas dalam pembelajaran pendidikan agama islam melalui 3 tahapan: pertama, Sebelum masuk kelas (Pre-conditions). Kedua, saat didalam kelas. Ketiga, tahap sesudah pengajaran. 3) Pelaksanaan pembelajaran melalui tiga tahapan: pertama, pengelolaan kelas dan peserta didiknya. Kedua, penggunaan media dan sumber belajar. Ketiga, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian hafalan, tugas praktek seperti mengurus jenazah dan praktik tajwid. 4) Evaluasi Pembelajaran melalui 2 tahapan: Pertama, evaluasi proses pembelajaran . Kedua, evaluasi hasil pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi Manajemen Kelas, Dalam Pembelajaran PAI iii ABSTRACT The problem in this research is that so far class management has been carried out well. However, based on research, there are difficulties in managing student discipline, there are still students who are late for class, and are often noisy in class. It can be seen that the implementation of classroom management in PAI learning is very important at SMA Negeri 9 Bandar Lampung. This research aims to find out how Class Management is in Learning Islamic Religious Education at SMA Negeri 9 Bandar Lampung. The method in this research is a qualitative method. Data sources were obtained from the subject Principal, Deputy Head of Curriculum, PAI Teacher. The data collection techniques used by researchers are observation, interviews and documentation. Meanwhile, the data analysis used is data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research indicate that class management in PAI learning at SMA Negeri 9 Bandar Lampung has been implemented as can be seen from; 1) Learning planning, in planning class management in PAI learning at SMA Negeri 9 Bandar Lampung in its implementation, making annual programs, semester programs, syllabi, lesson plans and assessment of learning outcomes become references by which learning process activities can run according to the plan. 2) Organizing class management in learning Islamic religious education through 3 stages: first, before entering the class (Pre-conditions). Second, when choosing a method in class.. Third, the post-teaching stage. 3) Implementation of learning through three stages: first, management of the class and students. Second, the teacher's use of media and learning resources. 4) Evaluation of learning through 2 stages: First, evaluation of the learning process.. Second, evaluation of learning outcomes. Keywords: Implementation of Class Management, in PAI Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2023 07:20
Last Modified: 11 Oct 2023 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30642

Actions (login required)

View Item View Item