MANAJEMEN SUMBER DAYA TENAGA PENDIDIK DI SMA IT NURUL FALAH BANDAR LAMPUNG

YUNIAR, Sumardi (2023) MANAJEMEN SUMBER DAYA TENAGA PENDIDIK DI SMA IT NURUL FALAH BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of TESIS FULL YUNIAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sumber daya tenaga pendidik paling menentukan bagi sekolah dalam menjalankan perannya untuk melayani kepentingan sekolah sedangkan manajemen merupakan strategi tata kelola yang efektif dengan tenaga pendidik yang profesionalisme dalam mencapai tujuan sekolah. Fokus Penelitian : 1). Bagaimana perencanaan sumber daya tenaga pendidik di SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung? 2). Bagaimana rekrutmen dan seleksi sumber daya tenaga pendidik di SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung? 3). Bagaimana pengembangan dan pelatihan sumber daya tenaga pendidik di SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini : 1). Untuk mendeskripsikan konsep perencanaan sumber daya tenaga pendidik di SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung. 2). Untuk mendeskripsikan rekrutmen dan seleksi manajemen sumber daya tenaga pendidik di SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung. 3). Untuk mendeskripsikan pengembangan dan pelatihan manajemen sumber daya tenaga pendidik di SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : 1). Pengumpulan data, 2). Kondensasi data, 3). Penyajian data, dan 4). Penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan Triangulasi dan Member check. Triangulasi yang digunakan ada 2 yaitu, triangulasi sumber dan triangulasi metode. Kesimpulan : 1). Perencanaan sumber daya tenaga pendidik di SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung : setiap awal tahun pelajaran pihak sekolah membuat rencana kegiatan dan anggaran sekolah yang di dalamnya ada kegiatan tentang kebutuhan dan pengembangan sumber daya tenaga pendidik dan merencanakan melakukan rekrutmen maka lebih dulu dilakukan analisis pemetaan jam pelajaran sehingga diketahui kebutuhan terhadap tenaga pendidik. 2). Rekrutmen dan Seleksi di SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung : a). pola rekrutmen yang diterapkan secara internal. b) seleksi yang dilaksanakan meliputi seleksi administrasi dan wawancara. 3). Pengembangan dan Pelatihan di SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung : Untuk meningkatkan dan mengembangan potensi tenaga pendidik (guru) sekolah mengadakan pelatihan seperti In House Training(IHT) selain itu juga sekolah memberikan kesempatan kepada para tenaga pendidik (guru) untuk lebih meningkatkan dan mengembangkan potensi dirinya dengan mengikuti kegiatan/workshop diluar sekolah dengan harapan dapat memiliki efek positif bagi kemajuan sekolah. Kata Kunci : Manajemen Sumber Daya Tenaga Pendidik, Perencanaan, Perekrutan, Pengembangan iv ABSTRACT Educator Resources are the most decisive for school in carrying out their roles to serve the interestd of schools, while management is an effective governance strategy with professional educators in achieving school goals. Research focus : 1). What is the planning for the management of educator resources at SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung? 2). How is the recruitment and selection of educator resource management at SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung. 3). How is the training and development of educator resource at SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung? The purpose of this study : 1). To describe the concept of educator resource management planning at SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung. 2). To describe recruitment and selection of educator resource management at SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung. 3). To describe the training and development of educator resource management at SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung. The research uses a qualitative approach, the type is case study. Data collection techniques by: Interview and Documentation. While the data analysis used Miles Huberman and Saldana interactive models with the following steps: 1). Data collection, 2). Data condensation, 3). Data presentation, and 4). Drawing conclusions. For the validity of the data using triangulation and member checks. There are two triangulations used, namely source triangulation, and method triangulation. Conclusion : 1). The planning of educator resource at SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung: At the beginning of the school year the school make plans for activities and school budgets in which there are activities that needs and development of educator resources and plan to analysis mapping for lesson first. So that, the school know how many teachers that they need. 2). Recruitment and selection at SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung: a). the recruitment pattern applied internally. b). the selection carried out includes administrative selection and interviewing. 3). Training and development at SMA IT Nurul Falah Bandar Lampung: To increase and develop the potential of the teachers, the school holds training and workshop such as In House Training (IHT), the school also giving the chance to the teachers to follow the other workshop outside or another institution so that they can increase and develop their ability and then giving a positive effect on school progress. Keywords : Educator Resource Management, Planning, Recruitment, Development v أتستاك تًٍُا انًذسسح يظانر نخذيح أدواسها تُفٍز فً نهًذاسس زسًا األكثش هً انًعهًٍٍ يىاسد تعتثش .(1: انثسثً انتشكٍز .انًذسسح أهذاف تسقٍق فً يستشفٍٍ يعهًٍٍ يع فعانح زىكًح استشاتٍدٍح هً اإلداسج واختٍاس تىظٍف ٌتى كٍف .(2 اليثىَح؟ تُذس انفالذ َىس IT SMA فً نهًعهًٍٍ انًىاسد تخطٍظ ٌتى كٍف فً انًعهًٍٍ يىاسد وتذسٌة تطىٌش كٍفٍح .(3 اليثىَح؟ تُذس انفالذ َىس IT SMA فً انًعهًٍٍ يىاسد فً نهًعهًٍٍ انًىاسد تخطٍظ يفهىو وطف .(1: انذساسح هزِ أهذاف .اليثىَح تُذس انفالذ َىس IT SMA IT SMA فً انًعهًٍٍ يىاسد إداسج واختٍاس تىظٍف نىطف .(2. اليثىَح تُذس انفالذ َىس IT SMA تُذس انفالذ َىس IT SMA فً انًعهًٍٍ يىاسد إداسج وتذسٌة تطىٌش نىطف .(3. اليثىَح تُذس انفالذ َىس انًقاتالخ طشٌق عٍ انثٍاَاخ خًع تقٍُاخ .زانح دساسح هى وانُىع ، َىعٍا َهدا انثسث هزا ٌستخذو .اليثىَح ، انثٍاَاخ خًع .(1: تخطىاخ وسانذاَا هىتشياٌ ياٌهز خزاتا ًَىرخا انثٍاَاخ تسهٍم ٌستخذو تًٍُا .وانتىثٍق انتثهٍث استخذو ، انثٍاَاخ نظسح .انُتائح استخالص .(4 و ، انثٍاَاخ عشع .(3 ، انثٍاَاخ تكثٍف .(2 .انتثهٍث وطشٌقح انًظذس تثهٍث وهً ، انًستخذيح انتثهٍث 2 هُاك .األعضاء وفسض عاو كم تذاٌح فً :اليثىَح تُذس انفالذ َىس IT SMA فً انًعهًٍٍ يىاسد تخطٍظ .(1: انخالطح يىاسد وتطىٌش ازتٍاخاخ زىل أَشطح فٍها تىخذ يذسسٍح ويٍزاٍَح َشاط خطح انًذسسح تضع ، دساسً ازتٍاخاخ يعشفح ٌتى زتى انفظم ساعاخ نتخطٍظ تسهٍم إخشاء أوال ٌتى ثى ، انتىظٍف وخطظ انًعهًٍٍ .داخهٍا انتىظٍف أًَاط تطثق .(أ :اليثىَح تُذس انفالذ َىس IT SMA فً واالختٍاس انتىظٍف .(2. انًعهًٍٍ IT SMA فً وانتذسٌة انتطىٌش .(3. وانًقاتالخ اإلداسي االختٍاس إخشاؤِ ٌتى انزي االختٍاس ٌشًم (ب يثم تذسٌثا انًذسسح تدشي ، (انًعهًٍٍ) انًعهًٍٍ إيكاَاخ وتطىٌش نتسسٍٍ :اليثىَح تُذس انفالذ َىس تسسٍٍ نًىاطهح (انًعهًٍٍ) نهًعهًٍٍ فشطا أٌضا تىفش انًذسسح أٌ خاَة إنى (IHT (انذاخهً انتذسٌة نها ٌكىٌ أٌ أيم عهى انًذسسح خاسج انعًم وسش / األَشطح فً انًشاسكح خالل يٍ إيكاَاتهى وتطىٌش .انًذسسح تقذو عهى إٌداتً تأثٍش انتطىٌش ,انتىظٍف ,انتخطٍظ ,انًعهًٍٍ يىاسد إداسج : انًفتازٍح انكهًاخ

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:28
Last Modified: 11 Oct 2023 06:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30637

Actions (login required)

View Item View Item