PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

RINAWATI, R (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_pdf.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik dan sikap ilmiah peserta didik yang diketahui melalui nilai prapenelitian, dan disebabkan oleh proses pembelajaran di kelas masih bersifat teoritis dan berpusat pada pendidik, sehingga lebih banyak terjadi komunikasi satu arah (One-way Communication). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inquiry Lesson terhadap kemampuan literasi sains peserta didik dan sikap ilmiah peserta didik pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Inti model pembelajaran Inquiry Lesson yaitu kegiatan belajar yang berorientasi pada proses penyelidikan untuk menemukan konsep yang diarahkan pada percobaan ilmiah dengan bimbingan langsung dari pendidik dan memahami karakteristik penelitian ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen design dengan desain posttest-only control design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dari teknik tersebut didapat kelas X 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Lesson dan X 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction yang digunakan oleh pendidik. Berdasarkan analisis data dapat dilihat dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Lesson (IL) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata Posttest sebesar 84, sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI), terhadap Kemampuan Literasi Sains pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 68. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikasi 0,05 (5%). Berdasarkan hasil uji hipotesis t untuk kemampuan literasi sains peserta didik diperoleh thitung = 11,437 sedangkan ttabel = 1,996. Dengan demikian diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 11,437 > 1,996 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak, maka 4 dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi dengan model pembelajaran Inkuiri Lesson berpengaruh terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah peserta didik kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Gajah Mada Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 Jan 2018 06:43
Last Modified: 22 Jan 2018 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3063

Actions (login required)

View Item View Item