PANDANGAN MASYARAKAT ATAS KEWAJIBAN IBU SINGLE PARENT TERHADAP ANAK YANG SUDAH MUMAYYIZ DITINJAU DARI KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi di Pekon Bumi Jawa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat)

INDAH, KOMALA SANTI (2023) PANDANGAN MASYARAKAT ATAS KEWAJIBAN IBU SINGLE PARENT TERHADAP ANAK YANG SUDAH MUMAYYIZ DITINJAU DARI KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi di Pekon Bumi Jawa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi INDAH KOMALA SANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Banyak hal yang melatarbelakangi seseorang menjadi single parent di Pekon Bumi Jawa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat, salah satunya adalah perceraian. Sementara faktor yang menyebabkan seseorang lebih memilih bercerai daripada melanjutkan perkawinan, yaitu karena faktor ekonomi, krisis moral, dimadu, meninggalkan, biologis, ada pihak ketiga. Putusnya perkawinan membawa berbagai konsekuensi, baik pada istri, suami dan anak. Akibat dari banyaknya perceraian di Pekon Bumi Jawa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat sehingga banyaknya ibu single parent yang kemudian dengan sendirinya menopang kebutuhan anak-anaknya sekalipun anak tersebut sudah mumayyiz. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pandangan masyarakat atas kewajiban ibu single parent terhadap anak yang sudah mumayyiz di Pekon Bumi Jawa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat ? dan bagaimana pandangan Kompilasi Hukum Islam atas kewajiban ibu single parent terhadap anak yang sudah mumayyiz di Pekon Bumi Jawa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat ? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), sifat penelitian ini yaitu deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan interview dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu, editing, interpretasi data, dan sistemazing. Kemudian analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa, Pandangan masyarakat atas kewajiban ibu single parent terhadap anak yang sudah mumayyiz di Pekon Bumi Jawa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat yaitu bahwa kewajiban mengasuh dan memberikan nafkah kepada anak yang sudah mumayyiz tidak hanya dibebankan kepada ibu single parent, tetapi juga merupakan kewajiban ayah. Ayah tetap memiliki tanggung jawab terhadap anak�anaknya, baik secara finansial maupun dalam hal memberikan perhatian, cinta, dan perawatan yang memadai. Pandangan masyarakat atas kewajiban ibu single parent terhadap anak yang sudah mumayyiz di Pekon Bumi Jawa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat sudah sejalan dengan Kompilasi Hukum Islam. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam Pasal 105 Kompilasi Hukum Islam bahwa anak yang belum berusia 12 tahun adalah hak ibunya. Kemudian mengenai pemeliharaan anak yang sudah mumayyiz diserahkan kepada anak untuk memilih antara ayah atau ibunya dan biaya pemeliharaan ditanggung oleh ayahnya. Kemudian Pasal 105 juga memberikan penjelasan untuk semua biaya pemeliharaan anak akan ditanggung oleh ayahnya. Kata Kunci: Ibu, Single Parent, Mumayyiz

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:36
Last Modified: 11 Oct 2023 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30629

Actions (login required)

View Item View Item