IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Honiyah, Muhammad Hamdan (2023) IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI HONIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana pengimplementasian sebuah metode untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan melibatkan bantuan santri yang lebih mampu dalam membaca Al-Qur’an secara fasih dan tartil sesuai dengan ilmu tajwid. Adapun nama dari metodenya adalah metode tutor sebaya. Metode tutor sebaya merupakan metode yang dilakukan secara berkelompok yang melibatkan santri yang lebih mampu secara fasih dalam membaca Al-Qur’an untuk membantu teman yang kurang mampu, dalam halnya santri yang masih baru yang membutuhkan bantuan selain ustadz. Penelitian ini termasuk dalam penelitian (Field Research), dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Analisa kualitatif yaitu menggunakan tiga tahapan seperti reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasi metode tutor sebaya terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung, sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan tahapan dan langkah-langkah yang terdapat pada metode tutor sebaya. Dari penerapannya dapat memberikan kemudahan dalam belajar karena belajar dengan sesama santri mereka tidak ada rasa takut dan canggung serta dapat membantu ustadz pengajar Al-Qur’an dalam mengefisienkan waktu. Dan untuk hasil pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya ini dikatakan meningkat setiap tahunnya dengan pembuktian bahwasannya santri yang dibimbing selama 1 bulan oleh tutor berhasil dalam evaluasinya yaitu dapat mengulang materi yang telah diajarkan yaitu surat Al�Fatihah dan bacaan sholat secara fasih dan tartil, setelah dievaluasi oleh tutor santri tersebut dinaikkan untuk dibimbing atau mengaji kepada ustadz/ustadz pengajar Al-Qur’an dan hasilnya pun bagus dan dapat membaca ayat-ayat Al-Qur’an selanjutnya secara fasih dan tartil sesuai dengan ilmu tajwid. Maka dari itu untuk metode tutor sebaya ini selalu diterapkan di Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung sebagai tahapan awal bagi santri baru untuk belajar membaca Al-Qur’an. Kata Kunci: Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an iii ABSTRACT This research aims to describe how to implement a method to improve the ability to read the Al-Qur'an by involving the help of students who are more capable of reading the Al-Qur'an fluently and tartly according to the science of recitation. The name of the method is the peer tutoring method. The peer tutoring method is a method carried out in groups that involves students who are more capable of reading the Al-Qur'an fluently to help less capable friends, in the case of new students who need help other than the ustadz. This research is included in research (Field Research), with the type of research used is descriptive qualitative research. The data sources used are primary and secondary data sources. Data collection techniques through interviews, observation and documentation. Data analysis was carried out using qualitative analysis, namely using three stages such as data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research show that the implementation of the peer tutoring method on the Al-Qur'an reading ability of Al�Hikmah Bandar Lampung Islamic Boarding School students has gone well and is in accordance with the stages and steps contained in the peer tutoring method. From its application, it can make learning easier because studying with fellow students means there is no fear or awkwardness and can help ustadz teaching the Al-Qur'an to save time. And the learning outcomes using the peer tutoring method are said to increase every year with proof that the students who were guided for 1 month by the tutor were successful in their evaluation, namely being able to repeat the material that had been taught, namely the Al-Fatihah letter and prayer reading fluently and tartil, after being evaluated by The student tutor was appointed to guide or recite the Koran to the ustadz/ustadz who taught the Al-Qur'an and the results were good and they were able to read the following verses of the Al-Qur'an fluently and tartly in accordance with the knowledge of recitation. Therefore, this peer tutoring method is always applied at the Al-Hikmah Islamic Boarding School in Bandar Lampung as an initial stage for new students to learn to read the Al-Qur'an. Keywords: Implementation of the Peer Tutor Method on the Ability to Read the Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:42
Last Modified: 10 Oct 2023 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30623

Actions (login required)

View Item View Item