Juli, Ferdianto (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN SOLE TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran SOLE terhadap kemampuan analisis da kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Rancangan penelitian yang digunakan quasi eksperiment dengan posttest-only control design. Variabel bebas dengan model pembelajaran SOLE. Variabel terikat adalah kemampuan analisis dan kemampuan komunikasi matematis dengan populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XII SMAN 1 OKU Timur, Sumatera Selatan. Sampel penelitian peserta didik kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 4 sebagai kelas kontrol. Data diambil pada saat posttest. Uji hipotesis menggunakan manova dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji manova, maka dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Hasil penelitian bahwa model pembelajaran SOLE berpengaruh terhadap kemampuan analisis peserta didik dan model pembelajaran SOLE terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik, selain itu juga terdapat pengaruh model pembelajaran SOLE terhadap kemampuan analisis dan kemampuan komunikasi matematis. Sehingga dapat disarankan untuk pembelajaran selanjutnya dapat diaplikasikan, supaya kemampuan peserta didik dapat ditingkatkan dan dikembangkan. Kata kunci : SOLE, Analisis, Komunikasi Matematis iv ABSTRAC The purpose of this study was to explain the effect of the SOLE learning model on students' analytical abilities and mathematical communication abilities. The research design used was quasi�experimental with a posttest-only control design. Independent variables with the SOLE learning model. The dependent variable is the ability to analyze and communicate mathematically with the study population being all class XII students at SMAN 1 OKU Timur, South Sumatra. The research sample was students of class XII IPA 2 as the experimental class and class XII IPA 4 as the control class. Data was taken at the posttest. Hypothesis testing using manova with a significance level of 0.05. Before the manova test, the normality test was carried out with the Liliefors test and the homogeneity test with the Barlett test. The results of the study show that the SOLE learning model has an effect on students' analytical abilities and the SOLE learning model has an effect on students' mathematical communication abilities. So that it can be suggested that further learning can be applied, so that students' abilities can be improved and developed. Keywords: SOLE, Analysis, Mathematical Communication
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 07:34 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 07:34 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30621 |
Actions (login required)
View Item |