TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI KELAPA SAWIT ANTARA TANDAN DAN BUAH DENGAN HARGA YANG SAMA (Studi Pada Usaha Sinar Pajar di Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat)

PENTI, NOVITA SARI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI KELAPA SAWIT ANTARA TANDAN DAN BUAH DENGAN HARGA YANG SAMA (Studi Pada Usaha Sinar Pajar di Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI PENTI NOVITA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha Sinar Pajar merupakan usaha yang bergerak dalam jual beli kelapa sawit yang terletak di kecamatan Ngambur kabupaten Pesisir Barat. Jual belinya dilakukan dengan sistem timbang menggunakan RAM yaitu alat timbangan truk digital/ jembatan timbang yang digunakan untuk mengetahui berat kendaraan beserta muatan kelapa sawit para petani. Dalam transaksi jual beli kelapa sawit pada Usaha Sinar pajar ditaksir harga per/kg yang sama antara tandan dan buah sawit. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli kelapa sawit antara tandan dan buah sawit dengan harga yang sama di Usaha Sinar Pajar? Dan bagaimana pandangan hukum Islam tentang jual beli kelapa sawit antara tandan dan buah sawit dengan harga yang sama di Usaha Sinar Pajar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli kelapa sawit antara tandan dan buah sawit dengan harga yang sama pada Usaha Sinar Pajar di Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tinjauan hukum Islam tentang jual beli kelapa sawit antara tandan dan buah sawit dengan harga yang sama pada Usaha Sinar Pajar di Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan bersifat deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh langsung dari objek penelitian. Sedangkan teknik pengolahan data penelitian ini adalah editing, koding dan sistemating. Kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif dengan pendekatan berfikir deduktif-induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan pertama, praktik jual beli kelapa sawit antara tandan dan buah sawit pada Usaha Sinar Pajar dilakukan dengan cara petani mengantarkan kelapa sawit mereka langsung ke Usaha Sinar Pajar kemudian iii ditimbang pada RAM yaitu (alat timbangan truk digital/ jembatan timbang yang digunakan untuk mengetahui berat kendaraan beserta muatan kelapa sawit para petani) dan ditaksir harga per/kg yang sama serta terdapat potongan persen% antara tandan dan buah sawit yaitu sama-sama di potong 1% per/kg. Kedua, praktik jual beli kelapa sawit pada Usaha Sinar Pajar sudah sesuai dalam pandangan hukum Islam sebab sudah memenuhi rukun dan syarat jual beli menurut syara’ dan atas dasar suka sama suka. Kata kunci: Hukum Islam, Jual Beli, Kelapa Sawit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:22
Last Modified: 10 Oct 2023 07:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30619

Actions (login required)

View Item View Item