ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SDN BAKUNG UDIK KAB. TULANG BAWANG

MARIA, UTARI (2023) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SDN BAKUNG UDIK KAB. TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of MARIA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dan kendala guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskritif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas serta observasi dikelas. Sasaran penelitian adalah siswa-siswa kelas III SDN Bakung Udik. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan data reduction, data display dan conclusion drawing/verifikation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Matematika di SDN Bakung Udik Kab. Tulang Bawang sudah tampak terampil, yang mana hal tersebut didapatkan dari hasil penelitian, yaitu: pertama, dari segi mengelola kondisi kelas yang meliputi pengelolaan kebersihan kelas, pengaturan tempat duduk dengan format kolom dan baris, penempatan poster/gambar/media pendidikan mudah terlihat dan rapi, tetapi dari segi pengaturan udara guru sudah memaksimalkan agar udara tetap dapat masuk dengan baik. Kedua, dari segi sikap tanggap yang mana dari segi ini guru senantiasa tanggap terhadap aktivitas siswa, ketiga dari segi pemberian perhatian kelompok, guru memberi perhatian yang sama kepada setiap siswa tanpa membedakan�bedakannya, keempat keterampilan memberi petunjuk dan tujuan yang jelas juga sudah dilakukannya dan didukung oleh penggunaan bahasa yang jelas, kelima keterampilan dari segi memberi teguran, guru pun sudah terampil karena telah memberikan teguran dengan baik dan tidak mempermalukan siswa, sementara dalam memberi penguatan dilakukan dengan memberi pujian dan motivasi kepada siswa; Kendala guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Matematika di di SDN Bakung Udik Kab. Tulang Bawang, yakni sistem kurikulum yang selalu berubah, keterbatasan guru yang menguasai sistem pembelajaran K , kemudian faktor siswa itu sendiri dan ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Guru melakukan perancangan tidak hanya mempersiapkan RPP tetapi juga merencanakan pengaturan ruang kelas, pengaturan tempat duduk, penataan tempat belajar, dan penataan kebersihan dan keindahan kelas. Guru melakukan pengelolaan dengan membuat jadwal piket, dan membentuk kelompok dengan memperhatikan kepribadian yang dimiliki siswa agar tidak salah dalam mengelompokkan. Sebelum pembelajaran dimulai guru membiasakan peserta didik untuk iv membersihkan kelas sampai bersih dan rapi, setelah itu ketua kelas memimpin berdo’a Guru melakukan supervisi dengan memberikan tugas kepada peserta didik tujuannya untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa. Kata Kunci: peran guru, matematika, kendala guru v ABSTRACT This research aims to determine the role of teachers and teachers' obstacles in classroom management in Mathematics subjects. This type of research is field research using a qualitative descriptive approach with data collection through interviews, observation and documentation. Researchers conducted interviews with school principals and class teachers as well as classroom observations. The research targets were class III students at SDN Bakung Udik. Data analysis in research was carried out using data reduction, data display and conclusion drawing/verification. The results of the research show that: Teacher skills in managing classes in Mathematics subjects at SDN Bakung Udik Kab. Tulang Bawang already appears skilled, which was obtained from the research results, namely: first, in terms of managing classroom conditions which includes managing classroom cleanliness, arranging seating in column and row formats, placing posters/images/educational media that are easily visible and neat. , but in terms of air management, the teacher has maximized it so that air can still enter properly. Second, in terms of responsiveness, in this aspect the teacher is always responsive to student activities, third in terms of providing group attention, the teacher gives the same attention to each student without differentiating them, fourth, the skill of providing clear instructions and goals has also been carried out and supported by the use of clear language, the five skills in terms of giving reprimands, the teacher is also skilled because he has given reprimands well and not embarrassed students, while giving reinforcement is done by giving praise and motivation to students; Teachers' obstacles in managing classes in Mathematics subjects at SDN Bakung Udik Kab. Tulang Bawang, namely the curriculum system which is always changing, the limitations of teachers who master the K learning system, then the student factor itself and the availability of facilities and infrastructure owned by the school. The teacher does not only prepare the lesson plans but also plans the classroom arrangements, seating arrangements, study area arrangements, and the cleanliness and beauty of the classroom. The teacher carries out management by making a picket schedule, and forming groups by paying attention to the students' personalities so that they do not make mistakes in grouping. Before learning begins, the teacher familiarizes students with cleaning the classroom until it is clean and tidy, after that the class leader leads the prayer. The teacher vi supervises by giving assignments to students with the aim of measuring the extent of students' understanding. Keywords: role of teacher, mathematics, teacher constraints

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:16
Last Modified: 10 Oct 2023 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30617

Actions (login required)

View Item View Item