PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD/MI

MARSITA, TRI WARDANI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRPSI CETAK MARSITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pelajaran dan meningkatkan produktifitas belajar yang efektif di era digital yang mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research And Development (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode angket. Pada tahap validasi melibatkan 6 subjek validator yang terbagi atas validator ahli materi, Bahasa, dan media, tahap uji coba melibatkan 15 peserta didik uji coba sekala kecil, 30 peserta didik pada uji coba sekala besar yang dinilai oleh 2 orang guru pendidik dilibatkan untuk melihat keefektifan LKPD. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kelayakan LKPD oleh validator ahli materi mendapatkan prsentase 91,7% dengan kriteri “sangat layak”, dari validator ahli Bahasa mendapatkan presentase 96,8% dengan kriteria “sangat layak, dari validator ahli Media mendapatkan presentase 91,6% dengan kriteria “sangat layak. kemudian dari respon peserta didik skala kecil mendapatkan 88,5% dengan kriteria “sangat menarik” pada skala besar mendapatkan 95,5% dengan ktiteria “sangat menarik” dan respon pendidik mendapatkan 96,4% dengan kriteria “sangat menarik” dengan demikian produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dan menunjang dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, LKPD iii ABSTRACT This research aims to develop learning media and increase effective learning productivity in the digital era by developing teaching materials in the form of Student Worksheets (LKPD) in Indonesian Language Subjects for Class IV SD/MI. This research is research and development research (R&D). The data collection technique in this research uses a questionnaire method. The validation stage involved 6 validator subjects divided into material, language and media expert validators, the trial stage involved 15 students in a small-scale trial, 30 students in a large-scale trial assessed by 2 teacher educators were involved to see the effectiveness LKPD. The results of the research show that the feasibility value of the LKPD by the material expert validator got a percentage of 91.7% with the criterion "very feasible", from the language expert validator it got a percentage of 96.8% with the criteria "very feasible, from the Media expert validator it got a percentage of 91.6% with the criteria "very feasible. then from the small scale student responses they got 88.5% with the criteria "very interesting" on the large scale they got 95.5% with the criteria "very interesting" and the educators' responses got 96.4% with the criteria "very interesting" thus the product was developed by researchers can be used and support the learning process. Keywords: Indonesian, LKPD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:09
Last Modified: 10 Oct 2023 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30615

Actions (login required)

View Item View Item