ANALISIS PELAYANAN ATAS KETERLAMBATAN IURAN PADA ANGGOTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL(BPJS) KESEHATAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BPJS Kesehatan KC Utama Bandar Lampung)

FADLYANSYAH, Margani (2023) ANALISIS PELAYANAN ATAS KETERLAMBATAN IURAN PADA ANGGOTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL(BPJS) KESEHATAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BPJS Kesehatan KC Utama Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK BPJS Kesehatan adalah harapan utama bagi para pribadi atau individu demi mendapatkan pelayanan kesehatan secara nyata sampai tuntas, namun karena baru menjadi peserta BPJS sehingga belum bisa dilayani, atau karena beda tingkatan atau kelas keanggotannya sehingga terjadi penolakan dalam pelayanan ada juga peserta BPJS kurang mendapat perhatian ekstra oleh para perawat dibanding dengan pasien eksekutif yang umum. Masyarakat juga banyak yang belum memahami perihal konsekuensi yang diberikan apabila masyarakat tidak membayar iuran BPJS secara rutinPelayanan dalam BPJS Kesehatan Jika telat bayar otomatis kartunya langsung non aktif jadi jika berobat tidak bisa, dan akan dikenakan denda dalam proses jika ingin mengaktifkan kembali kartunya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelayanan keterlambatan iuran BPJS Kesehatan. Jenis penelitian ini termasuk jenis peneltian lapangan (field reasarch), sedangkan sifat dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada BPJS Kesehatan dan Peserta BPJS. Semua data tersebut dianalisis secara deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan kesehatan perorangan dan bahan medis habis pakai sesuai dengan kebutuhan medis yang diperlukan. Manfaat atau kelebihan yang ada di BPJS kesehatan terdiri atas manfaat medis dan manfaat non medis. Peserta BPJS yang telah mendaftar dan membayar iuran berhak mendapatkan manfaat pelayanan jaminan kesehatan. Rumah sakit, Puskesmas, dan faskes lainnya yang menjadi mitra BPJS Kesehatan berupaya untuk memberikan pelayanan yang bermutu bagi masyarakat di daerah tersebut. Dimana dalam sistem pelayanan tidak harus memilih atau membeda-bedakan pasien, seperti pengurusan kartu berobat dan registrasi rawat inap serta pengurusan berkas yang berhubungan dengan program pemerintah di bidang kesehatan seperti BPJS, Jamkesmas, Akses, dan sebagainya. Kata kunci : Pelayanan, Denda , BPJS Kesehatan,Ekonomi Islam. iii ABSTRACK BPJS Health is the main hope for individuals or individuals to get real health services until they are complete, but because they are just becoming BPJS participants so they cannot be served, or because of different levels or classes of membership so that there is rejection in service, there are also BPJS participants who do not receive extra attention. by nurses compared to the general executive patient. There are also many people who do not understand the consequences if the community does not pay BPJS contributions regularly. Services in BPJS Health If you are late in paying, the card is automatically inactive, so if you cannot get treatment, you will be fined in the process if you want to reactivate the card. This study aims to describe the late service for BPJS Health contributions. This type of research is a type of field research, while the nature of this research is descriptive qualitative with data collection techniques using interviews and documentation. Interviews were conducted with BPJS Kesehatan and BPJS Participants. All the data were analyzed deductively. The results showed that individual health services and medical consumables were in accordance with the required medical needs. Benefits or advantages in BPJS health consist of medical benefits and non�medical benefits. BPJS participants who have registered and paid contributions are entitled to benefit from health insurance services. Hospitals, health centers, and other health facilities that are partners of BPJS Kesehatan strive to provide quality services for the people in the area. Where in the service system you don't have to choose or discriminate between patients, such as managing medical cards and inpatient registration as well as managing files related to government programs in the health sector such as BPJS, Jamkesmas, Access, and so on. Keywords: Services, Fines, Health BPJS, Islamic Economic

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:33
Last Modified: 10 Oct 2023 06:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30613

Actions (login required)

View Item View Item