IMPLEMENTASI METODE AN-NADLIYAH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

UMI, SALAMAH (2023) IMPLEMENTASI METODE AN-NADLIYAH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI MTS NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI UMI SALAMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah tepat bacaan per huruf nya. Yakni masing-masing huruf perhuruf nya bisa terbaca dengan benar, dengan semua ketentuan bacaan nya, dengan menggunakan tajwid. Tujuan ilmu tajwid adalah untuk memelihara bacaan Al-Qur’an dari kesalahan dan perubahan serta memelihara lisan dari kesalahan membaca. Agar tujuan tersebut bisa tercapai maka dalam kegiatan pembelajaran membaca Al�Qur’an di MTs Negeri 2 Bandar Lampung menggunakan metode An�Nahdliyah. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1. Bagaimana implementasi metode An-Nahdiyah dalam pembelajaran Al- Qur’an Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung? 2. Apa saja factor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membeca Al-Quran di Mts Negeri 2 Bandar Lampung? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode An-Nahdiyah dalam pembelajaran Al-Qur’an di MTs g Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi metode An-Nahdiyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. (1) Adapun kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs Negeri 2 Bandar Lampung rata-rata siswa sudah mampu membaca Al-Qur’an namun juga ada beberapa siswa yang belum bisa membaca bahkan belum hafal huruf hijaiyah. (2) Pelaksanaan kegiatan belajar membaca Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di MTs Negeri 2 Bandar Lampung sudah terimplementasikan sesuai dengan teori An- Nahdliyah. (3) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat. Faktor Pendukung: Anak memiliki semangat yang tinggi dan punya basic membaca Al-Qur’an dari awal, Profesionalisme guru dalam menggunakan metode An-Nahdliyah, Perhatian dan dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar, media penyampaian nya menggunakan stick untuk membuat ketukan. Faktor Penghambat: kurangnya semangat, minat siswa dalam mengikuti pelajaran An-Nahdliyah, ketidakmampuan siswa itu sendiri, kurang nya pemahaman guru terhadap karakteristik peserta didik, Kurang nya perhatian dan dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar, Kurang nya sumber belajar Kata kunci : Implementasi Metode An-Nahdliyah, Kemampuan Membaca Al-Qur’an. iii ABSTRACT The ability to read the Al-Qur'an is precisely reading each letter. Namely, each letter can be read correctly, with all the reading requirements, by using tajwid. The aim of the science of tajwid is to protect the reading of the Al-Qur'an from errors and changes and to protect the oral language from reading errors. So that this goal can be achieved, the learning activities to read the Al-Qur'an at MTs Negeri 2 Bandar Lampung use the An-Nahdliyah method. The problem formulation of this research is 1. How is the implementation of the An-Nahdiyah method in learning the Qur'an at MTs Negeri 2 Bandar Lampung? 2. What are the factors that influence the ability to read the Koran at Mts Negeri 2 Bandar Lampung? The aims of this research are (1) To describe how the ability to read the Al-Qur'an of MTs students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung is. (2) To describe how the An-Nahdiyah method is implemented in Al-Qur'an learning at MTs g at MTs Negeri 2 Bandar Lampung (3) To describe the supporting and inhibiting factors for implementing the An-Nahdiyah method in improving the ability to read the Al-Qur' a student. The method used in this research is a qualitative approach with a case study type. The data collection techniques used were interview, observation and documentation techniques. Data analysis techniques use the Miles and Huberman model data analysis techniques, including data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. (1) As for the ability to read the Al-Qur'an of students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung, the average student is able to read the Al-Qur'an, but there are also some students who cannot read or even have memorized the hijaiyah letters. (2) The implem entation of learning activities to read the Al-Qur'an using the An�Nahdliyah method at MTs Negeri 2 Bandar Lampung has been implemented in accordance with the An-Nahdliyah theory. (3) Supporting Factors and Inhibiting Factors. Supporting Factors: Children have high enthusiasm and have the basics of reading the Al-Qur'an from the start, Teacher professionalism in using the An-Nahdliyah method, Attention and support from family and the surrounding environment, the medium of delivery uses sticks to make beats. Inhibiting factors: lack of enthusiasm, students' interest in following An-Nahdliyah lessons, students' own incompetence, lack of teacher understanding of students' characteristics, lack of attention and support from family and surrounding environment, lack of learning resources Keywords: Implementation of the An-Nahdliyah Method, Ability to Read the Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:48
Last Modified: 10 Oct 2023 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30608

Actions (login required)

View Item View Item