PENGGUNAAN MEDIA KOLASE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA DINI DI TK ISLAM LITTLE MUSLIM JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN

Anggini, Prameswari (2023) PENGGUNAAN MEDIA KOLASE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA DINI DI TK ISLAM LITTLE MUSLIM JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kemampuan utama anak dalam menulis dapat ditunjukkan dari perilaku anak ketika mencoret – coret, membuat garis tegak, miring, dan membuat bentuk tanpa terputus. Oleh karena itu anak membutuhkan rangsangan dan stimulus sejak dini, agar sel otak berfungsi secara optimal untuk kemampuan menulis permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kolase dalam mengembangkan kemampuan menulis permulaan pada anak usia dini di TK Islam Little Muslim Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dilaksanakan di TK Islam Little Muslim Jati Agung Lampung Selatan. Subjek penelitian ini yaitu Guru Kelas A dan peserta didik di kelas A sebanyak 14 anak sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media kolase dalam mengembangkan kemampuan menulis permulaan anak usia dini. Sumber data penelitian diperoleh dari tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian tentang penggunaan media kolase pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam Little Muslim Jati Agung Lampung Selatan sebagai berikut guru merencanakan dan menyiapkan gambar, menyiapkan alat dan bahan, guru memperkenalkan nama alat dan bahan, membuat atau menjiplak bentuk huruf dan bentuk simbol permulaan gambar lingkaran, menunjukkan posisi pola gambar dan memberi contoh cara menempelkan kolase dengan lem, dan memberikan dukungan kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata pada tahap pelaksaan guru tidak memberikan contoh cara membuat pola bentuk huruf dan membuat simbol permulaan gambar lingkaran. Hal ini berdampak belum optimalnya dalam penggunaan media kolase dalam mengembangkan kemampuan menulis. Tidak ada arahan dari guru dalam memberikan contoh pola berdampak pada penggunaan media kolase kurang maksimal untuk melatih kemampuan menulis permulaan pada anak. Sehingga penggunaan media kolase menjadi tidak maksimal untuk melatih kemampuan anak mengenal bentuk huruf dan simbol iv permulaan. Guru sebagai pembimbing masih perlu memberikan perhatian atau arahan pada siswa yang masih kesulitan dalam menggunakan pensil. Guru kurang memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa dalam belajar, sehingga anak merasa kurang semangat dan kurang berminat mengikuti proses pembelajaran. Kata kunci : Menulis Permulaan, Media Kolase v ABSTRACT A child's main ability in writing can be shown from the child's behavior when scribbling, making vertical, slanted lines, and making continuous shapes. Therefore, children need stimulation and encouragement from an early age, so that brain cells function optimally for initial writing abilities. This research aims to determine the use of collage media in developing early writing skills in early childhood at the Little Muslim Islamic Kindergarten in Jati Agung, South Lampung. This research uses qualitative research carried out at the Little Muslim Islamic Kindergarten in Jati Agung, South Lampung. The subjects of this research were Class A teachers and 14 students in Class A, while the object of this research was the use of collage media in developing early childhood writing skills. Research data sources were obtained from interview techniques, observation and documentation. Data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation and drawing conclusions. Meanwhile, data validity techniques use triangulation techniques. The results of research on the use of collage media in children aged 4-5 years at the Little Muslim Islamic Kindergarten in Jati Agung, South Lampung are as follows: the teacher plans and prepares pictures, prepares tools and materials, the teacher introduces the names of tools and materials, makes or traces letter shapes and symbol shapes. starting a circle drawing, showing the position of the drawing pattern and giving an example of how to attach the collage with glue, and providing support to students. Based on the research results, it turns out that at the implementation stage the teacher did not provide examples of how to make letter patterns and make symbols for the beginning of circle images. This has an impact on the lack of optimal use of collage media in developing writing skills. There is no direction from the teacher in providing examples of patterns which results in less than optimal use of collage media to train children's initial writing skills. So the use of collage media is not optimal for training children's ability to recognize initial letter shapes and symbols. Teachers as mentors still need to provide attention or direction to students who still have difficulty using a pencil. Teachers vi do not provide encouragement and motivation to students in learning, so that children feel less enthusiastic and less interested in participating in the learning process. Keywords: Beginning Writing, Collage Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:39
Last Modified: 10 Oct 2023 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30606

Actions (login required)

View Item View Item