HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG

ATIKAH, KHOIRUL UMMAH (2023) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi ATIKAH KHOIRUL UMMAH .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar adalah segala sesuatu yang ditujukan untuk mendorong atau memberikan semangat kepada seseorang yang melakukan kegiatan belajar. Motivasi belajar berperan penting dalam memberikan gairah, semangat dan rasa senang dalam belajar. Oleh karena itu, motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa sangat menentukan tingkat keberhasilan atau gagal nya perbuatan belajar siswa tersebut. Hasil belajar merupakan apa yang dicapai oleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Apa yang dicapai tersebut bisa berupa kemampuan-kemampuan, baik yang berkenaan dengan aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan yang dimiliki oleh siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Siswa MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung diketahui memiliki motivasi belajar yang cukup baik. Sejalan dengan motivasi belajar siswa yang sudah baik, hasil belajar siswa pun juga sudah baik. Sesuai dengan latar belakang masalah yang ada, maka rumusan penelitian ini adalah apakah ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas IV di MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas IV di MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan sifat penelitiannya adalah bersifat korelasi atau hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 20 siswa. Anggota sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebanyak 8 siswa menjawab bahwa motivasi belajarnya baik, dan terdapat 6 siswa dari 20 siswa yang hasil belajarnya tergolong cukup. Adanya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar dibuktikan dengan diperolehnya harga rxy sebesar (rxy) 0,3105 yang berada pada kategori kuat. Kemudian dilakukan uji t, dan diperoleh harga thitung>ttabel = 5,192 > 2,042, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa “Ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas IV di MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung” Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar iv ABSTRACT Learning motivation is anything that is intended to encourage or encourage someone who is doing learning activities. Learning motivation plays an important role in providing passion, enthusiasm and pleasure in learning. Therefore, the learning motivation possessed by students greatly determines the level of success or failure of the student's learning actions. Learning outcomes are what students achieve after going through learning activities. What is achieved can be in the form of abilities, both with regard to aspects of knowledge, attitudes, and skills possessed by students after they receive their learning experience. MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung students are known to have a fairly good learning motivation. In line with the good student learning motivation, student learning outcomes are also good. In accordance with the background of the existing problems, the formulation of this study is whether there is a relationship between learning motivation and learning outcomes of fourth grade students at MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung. The purpose of this research is to find out whether there is a relationship between learning motivation and learning outcomes of fourth grade students at MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung. This type of research is quantitative research with the nature of the research is correlation or relationship. The population in this study were fourth grade students with a total of 20 students. Members of the sample in this study were 20 students who were selected using the Proportional Random Sampling technique. Data collection techniques used in this study are questionnaires and documentation. The data analysis technique in this study uses the Product Moment correlation formula. Based on the results of the study it was found that as many as 8 students answered that their learning motivation was good, and there were 6 students out of 20 students whose learning outcomes were classified as sufficient. The existence of a relationship between learning motivation and learning outcomes is proven by obtaining an rxy price of (rxy) 0.3105 which is in the strong category. Then the t test was carried out, and the price was obtained tcount>ttable = 5.192> 2.042, so that H0 was rejected and Ha was accepted. This shows that "There is a relationship between learning motivation and learning outcomes of fourth grade students at MI Masyariqul Anwar Bandar Lampung" Keywords: Learning Motivation, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:32
Last Modified: 10 Oct 2023 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30600

Actions (login required)

View Item View Item