TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK UPAH KARYAWAN DISTRIBUTOR BESI (Studi di PT GMS Bintang Sejahtera Campang Raya Sukabumi Kota Bandar Lampung)

Mila, Riswanti (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK UPAH KARYAWAN DISTRIBUTOR BESI (Studi di PT GMS Bintang Sejahtera Campang Raya Sukabumi Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MILA RISWANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Fitrah manusia sebagai subjek hukum tidak bisa lepas dari berhubungan dengan orang lain, termasuk dalam kerja sama. Kerja sama adalah salah satu kegiatan muamalah yang berbasis tolong�menolong antara sesama manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti yang dilakukan di PT GMS Bintang Sejahtera Campang Raya yaitu adanya suatu tambahan kerja tanpa adanya upah dan belum diketahui jelas berapa banyak upah yang akan didapat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik kerja karyawan yang terjadi di PT GMS Bintang Sejahtera Campang Raya Sukabumi Kota Bandar Lampung dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik upah karyawan distributor besi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang sifatnya deskriptif analisis yaitu menggambarkan objek penelitian secara faktual dan cermat. Sumber data yang digunakan yaitu data primer didapatkan dari wawancara dengan responden dan data sekunder didapatkan dari buku kepustakaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan data melalui pemeriksaan data, rekontruksi data serta sistematasi data yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif dengan pendekatan berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian, praktik upah karyawan distributor besi yang pada perjanjian awal tidak adanya tambahan jam kerja tanpa ada tambahan upah yang belum jelas. Tinjauan hukum Islam terhadap praktik upah karyawan distributor besi yang dilakukan pada awal perjanjian tidak diperbolehkan, kemudian dapat menimbulkan kemudharatan yaitu merugikan orang lain. Kata Kunci : Akad, Upah, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:56
Last Modified: 10 Oct 2023 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30597

Actions (login required)

View Item View Item