IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 01 TAHUN 2020 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung)

UTARI, HARSI PUTRI (2023) IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 01 TAHUN 2020 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI UTARI HARSI PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pencemaran udara merupakan suatu problematika lingkungan yang terus menerus meningkat seiring dengan tingkat ativitas manusia yang juga didukung dengan kegiatan revolusi industri. Menurut data AQI US (Air Quality Indeks US) pada Desember 2022 tahun lalu Bandar Lampung menempati posisi ke 3 pencemaran udara terburuk di indonesia dengan skor indeks 76. data ini dapat berubah-ubah setiap hari nya. lalu pada September 2023 ini menurut data AQI US (Air Quality Indeks US) Bandar Lampung selalu menempati posisi 5 besar kota paling buruk kualitas udaranya dengan skor indeks mencapai 122. data ini dapat di akses langsung dari google dan dapat berubah�ubah tergantung bagaimana tingkat pencemaran di daerah tersebut. Dalam Pasal 6 Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2020 menjelaskan bahwa pengendalian pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup dilaksanakan dalam rangka pelestarian fungsi lingkungan hidup, namun nyatanya hingga kini belum adanya upaya yang strategis untuk mencegah pencemaran udara yang terjadi di sekitar jalan raya dan sekitar pabrik Kota Bandar Lampung. Adapun dampak yang di timbulkan adalah banyak nya debu di jalan sekitar pabrik akibat keluar masuk kendaraan besar yang dibutuhkan pabrik, selain itu debu yang ditimbulkan akan menyebabkan banyak penyakit seperti saluran pencernaan, gangguan pernafasan, dan masih banyak lagi. Penelitian ini menggunakan suatu metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian terjun langsung ke lapangan, mempelajari, mencatat, menganalisis, menafsirkan dan melaporkan serta menarik simpulan�simpulan dari proses tersebut. Analisis data yang diperoleh dengan cara analisis kualitatif yaitu dengan menggunakan metode yang bersifat deskriptif analisis dan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Bahwa Implementasi Pasal 6 Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup sudah iii dilaksanakan sesuai dengan peraturan daerah tersebut, namun ada beberapa faktor yang menjadi kendala dinas lingkungan hidup dalam melaksanakan peraturan daerah ini yaitu 1) faktor keuangan, keterbatasan anggaran yang dianggarkan oleh pemerintah daerah kota. 2) sumber daya manusia, petugas pemeriksaan yang masih terbatas. 3) kurangnya luasan area ruang terbuka hijau. 4) sarana dan prasarana, sarana dan pra sarana yang belum memadai. Dalam perspektif fiqh siyasah terhadap impelementasi pasal 6 ayat 1 peraturan daerah kota bandar lampung nomor 01 tahun 2020 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup terhadap pengendalian pencemaran udara sudah sesuai dengan syariat islam, karena manusia sebagai khalifah di bumi memikul tanggung jawab sesama makhluk hidup dan seluruh alam termasuk menjaga kelestarian lingkungan. Banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari pencemaran udara di Kota Bandar Lampung ini dan sangat merugikan masyarakat yang terdampak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:18
Last Modified: 10 Oct 2023 02:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30594

Actions (login required)

View Item View Item