PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPS DI UPT SDN 4 BANDUNG BARU PRINGSEWU

Mega, Tasya Palupi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPS DI UPT SDN 4 BANDUNG BARU PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Mega Tasya P..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan di SDN 4 Bandung Baru Kabupaten Pringsewu, dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap pemahamn konsep pada mata pelajaran IPS di kelas V Tahun Ajaran 2021-2022. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas V, hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor proses belajar yang masih mengutamakan menghafal daripada memahaminya, dan belum maksimalnya atau bahkan tidak ada media pembelajaran untuk menunjang kesuksesan proses belajar. Diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik, salah satunya adalah model pembelajarn Snowball Throwing. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap pemahaman konsep pada peserta didik kelas V SDN 4 Bandung Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian True Eksperimental, yang akan digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 4 Bandung Baru Kabupaten Pringsewu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model Snowball Throwing dan kelas V B sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis dilakukan uji pra-syarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, serta dilanjutkan dengan uji t independent. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data dengan uji-t diperoleh hasil nilai thitung ≥ ttabel yaitu 2,089 ≥ 2,032 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap pemahaman konsep peseta didik kelas V SDN 4 Bandung Baru Kabupaten Pringsewu. Hal tersebut dibuktikan dengan antusiasnya iii peserta didik ketika proses pembelajaran di kelas eksperimen, sehingga penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing membuat peserta didik lebih aktif untuk menjawab maupun membuat pertanyaan. Semakin banyak pertanyaan maupun jawaban yang diterima dan diberikan peserta didik ini, maka memiliki arti bahwa pemahaman konsep peserta didik semakin baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing berpengarus terhadap pemahaman konsep Kata Kunci: Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Kemampuan Pemahaman konsep. iv ABSTRACT The research was conducted at SDN 4 Bandung Baru, Pringsewu Regency, with the aim of finding out whether there was an influence using the Snowball Throwing learning model on understanding concepts in social studies subjects in class V for the 2021-2022 academic year. This research is motivated by the low understanding of students' concepts in social studies subjects in class V, this is influenced by several factors in the learning process which still prioritizes memorizing rather than understanding, and there is not optimal or even no learning media to support the success of the learning process. A learning model is needed that can improve students' understanding of concepts, one of which is the Snowball Throwing learning model. The objectives to be achieved in this research are:to determine whether or not there is a significant influence in the use of the Snowball Throwing learning model on understanding concepts in class V students at SDN 4 Bandung Baru. The type of research used is quantitative with a True Experimental research design, which will be used is Pretest-Posttest Control Group Design. This research was conducted in classV SDN 4 Bandung Baru Pringsewu Regency. The sampling technique used is Simple Random Sampling. The sample in this study was class VA as an experimental class by applying the Snowball Throwing model and class VB as a control class by applying a conventional learning model. Data collection techniques use tests, interviews and documentation. Before testing the hypothesis, a pre-requisite test is carried out, namely the normality and homogeneity test, and continued with the independent t test. Based on the results of analysis and data processing using the t-test, the value results were obtainedtcount ttable ≥that is2,089≥2,032then it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted, soThere is a significant influence of the Snowball Throwing learning model on the understanding of the concept of class V students at SDN 4 Bandung Baru, Pringsewu Regency. This is proven by the enthusiasm of students during the learning process in the experimental class, so thatUsing the Snowball Throwing learning model makes v students more active in answering and asking questions. The more questions and answers students receive and give, the better the students' understanding of the concept. So it can be concluded that the use of the Snowball Throwing learning model has an impact on understanding the concept Keywords: Learning Model,Snowball Throwing,Ability to understand concepts.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:11
Last Modified: 09 Oct 2023 08:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30591

Actions (login required)

View Item View Item