PERAN MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN TOKO BANGUNAN ENJOY KENALI LAMPUNG BARAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

ARI, PRIATAMA (2023) PERAN MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN TOKO BANGUNAN ENJOY KENALI LAMPUNG BARAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of ARI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Di era globalisasi ini dengan berkembangnya teknologi dan perekonomian yang pesat dan persaingan yang ketat dalam bisnis, perusahaan jasa konstruksi dan perdagangan bahan bangunan dituntut untuk melakukan manajemen pemasaran yang terarah guna menguasai pasar. Untuk mencapai tujuan perusahaan, manajer perlu membuat perumusan dari suatu bauran pemasaran (marketing mix) yang tidak bertentangan satu sama lain, akan tetapi sejalan, saling mendukung, dalam upaya meningkatkan jumlah konsumen. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran marketing syariah dalam meningkatkan omzet penjualan di Toko Bangunan Enjoy Kenali Lampung Barat? Dan Bagaimana peran marketing syariah dalam meningkatkan omzet penjualan di Toko Bangunan Enjoy Kenali Lampung Barat dalam perspektif ekonomi islam?. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Peran marketing syariah Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan di Toko Bangunan Enjoy Kenali Lampung Barat dan mengetahui peran marketing syariah dalam meningkatkan omzet penjualan di Toko Bangunan Enjoy Kenali Lampung Barat dalam perspektif ekonomi islam Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber-sumber yang telah ada seperti dari perpustakaan dan penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Bangunan Enjoy dalam bersaing yaitu dengan menggunakan strategi marketing mix P, yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi. Peran marketing syariah ditinjau dari ekonomi Islam, Toko Bangunan Enjoy Kenali memahami tentang keseimbangan antara dunia dan akhirat. Tidak hanya mengejar kebutuhan dunia tetapi juga akhirat. Perlunya keseimbangan pada bisnis yang dijalankan agar mendapat suatu keberkahan dari Allah SWT. Kata kunci: Peran, Marketing Syariah, Ekonomi Islam. ABSTRACT In this era of globalization, with the rapid development of technology and the economy and intense competition in business, construction service companies and building materials trading are required to carry out targeted marketing management in order to dominate the market. To achieve company goals, managers need to formulate a marketing mix that is not contradictory to each other, but in line, mutually supportive, in an effort to increase the number of consumers. The formulation of the problem in this study is what is the role of sharia marketing in increasing sales turnover at the Enjoy Kenali Building Store, West Lampung? And what is the role of sharia marketing in increasing sales turnover at the Enjoy Kenali Building Store, West Lampung in an Islamic economic perspective? This study aims to determine the role of sharia marketing in increasing sales turnover at the Enjoy Kenali Building Store, West Lampung and to determine the role of sharia marketing in increasing sales turnover at the Enjoy Kenali Building Store, West Lampung in an Islamic economic perspective The method used in this research is qualitative method. Source of data in the form of primary and secondary data. Primary data sources obtained from interviews. While secondary data obtained from existing sources such as from libraries and previous research. Data collection techniques consist of interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that the marketing strategy implemented by Enjoy Building Stores in competing is by using the P marketing mix strategy, namely product strategy, price strategy, place strategy, and promotion strategy. The role of sharia marketing in terms of Islamic economics, Enjoy Kenali Building Stores understands the balance between this world and the hereafter. Not only pursuing the needs of the world but also the hereafter. The need for balance in the business being run in order to get a blessing from Allah SWT. Keywords: Role, Sharia Marketing, Islamic Economics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:08
Last Modified: 09 Oct 2023 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30585

Actions (login required)

View Item View Item