PERANAN KEPALA DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN MENURUT PASAL 26 UNDANG - UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Desa Adimulyo Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji)

Diki, Andrian (2023) PERANAN KEPALA DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN MENURUT PASAL 26 UNDANG - UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Di Desa Adimulyo Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I & II FIKS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANDRIAN FIKS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan pembangunan suatu desa tidak terlepas dari peran kepala desa serta seluruh masyarakat, desa yang maju dilihat dari sarana dan prasarana yang memadai. Kepala desa dalam menjalankan tugasnya berkewajiban untuk patuh terhadap peraturan undang-undang desa. Karena sebagai kepala pemerintahan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap kemajuan desanya, guna menciptakan masyarakat yang sejahtera. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peranan kepala desa dalam pelaksanaan pembangunan menurut Pasal 26 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Di Desa Adi Mulyo, Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji. (2) Bagaimana tinjauan fiqh siyasah tanfidziah terhadap peranan kepala desa dalam pelaksanakan pembangunan di Desa Adi Mulyo, Kecamatan Panca Jaya, kabupaten Mesuji. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan kepala desa dalam pelaksanaan pembangunan menurut pasal 26 ayat 1 undang-undang nomor 6 tahun 2014 di Desa Adi Mulyo, Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji secara umum sudah dilaksanakan dengan baik namun belum maksimal karna masih belum adanya transparansi terkait anggaran biaya yang belum terukur. Kemudian dalam pandangan fiqh siyasah tanfidziah (politik perundang�undangan) secara keseluruhan sudah sesuai, dapat dilihat dari keaktifan kepala desa dalam setiap kegiatan yang ada, hal tersebut sesuai dengan prinsip persaudaraan, persamaan dan kebangsaan yang menjadi dasar pemerintahan Islam. Kata kunci: Kepala Desa, Pembangunan Desa, Fiqh Siyasah Tanfidziyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:48
Last Modified: 09 Oct 2023 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30574

Actions (login required)

View Item View Item