HUBUNGAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 BANJAR KERTAHAYU LAMPUNG TENGAH

Mellania, Puspa Dita (2023) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 BANJAR KERTAHAYU LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi Mellania Puspa Dita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa kendala seperti kurang optimalnya penerapan keterampilan bertanya dan keterampilan memberi penguatan pada proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan bertanya dan keterampilan memberi penguatan dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Banjar Kertahayu Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pada penelitian ini menggunakan sampel penelitian berjumlah 49 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan bertanya dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Banjar Kertahayu Lampung Tengah dengan nilai Sig 0.000 dan nilai pearson correlation positif sebesar 0.514 berada pada derajad hubungan “sedang”; ada hubungan yang positif dan signifikan antara ketrampilan memberi penguatan dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 2 Banjar Kertahayu Lampung Tengahdengan nilai Sig. 0.000 dan nilai pearson correlation positif sebesar 0.496 berada pada derajad hubungan “sedang”; ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan bertanya dan keterampilan memberi penguatan dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Banjar Kertahayu Lampung Tengah dengan nilai Sig. Fchange 0.000 dan nilai R hitung sebesar 0.644 dengan derajad hubungan “sedang”, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Bertanya, penguatan, hasil belajar iv ABSTRACT This study is motivated by the existence of several obstacles such as the less than optimal application of questioning skills and reinforcement skills in the mathematics learning process. The purpose of this study was to determine whether there is a positive and significant relationship between questioning skills and skills to give reinforcement with the mathematics learning outcomes of fourth grade students of SDN 2 Banjar Kertahayu Central Lampung. This research uses quantitative methods with a correlational approach. In this study using a research sample of 49 students. The data collection technique used a questionnaire. Hypothesis testing in this study used product moment correlation and multiple correlation. The results of this study indicate that there is a positive and significant relationship between questioning skills and mathematics learning outcomes of fourth grade students of SDN 2 Banjar Kertahayu Central Lampung with a Sig value of 0.000 and a positive pearson correlation value of 0.514 at a "moderate" degree of relationship; there is a positive and significant relationship between reinforcement skills and mathematics learning outcomes of fourth grade students of SDN 2 Banjar Kertahayu Central Lampung with a Sig value. 0.000 and a positive Pearson correlation value of 0.496 is at a "moderate" level of relationship; there is a positive and significant relationship between questioning skills and skills in giving reinforcement with the learning outcomes of fourth grade students of SDN 2 Banjar Kertahayu Central Lampung with a Sig. Fchange 0.000 and the calculated R value of 0.644 with a "medium" degree of relationship, then the decision is H0 rejected and Ha accepted. Keywords: question skills, reinforcement,learning outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:47
Last Modified: 09 Oct 2023 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30573

Actions (login required)

View Item View Item