MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DI KEMENAG KOTA BANDAR LAMPUNG

Zarman, Dani (2023) MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DI KEMENAG KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ZARMAN FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen merupakan suatu proses aktivitas untuk mewujudkan keinginan yang hendak dicapai atau yang diinginkan oleh sebuah organisasi, Fungi manajemen adalah untuk mengatur jalannya suatu organisasi yang mana manajemen, memiliki empat fungsi yaitu: planning, organizing, actuanting dan controlling, dari empat fungsi ini akan menjadikan jalannya suatu organisasi mencapai tujuan yang ingin dicapai kedepannya. Jadi pada dasarnya seluruh organisasi memerlukan adanya manajemen disebuah instansi pemerintahan seperti manajemen pelayanan pada Kemenag Kota Bandar Lampung, maka diharapkan semua pelayanan publik yang sudah ada, dapat dijalankan dengan baik seperti yang telah direncanakan sebelumnya, Pelayanan adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan landasan materi melalui sistem, prosedur dan metode tertentu dalam rangka usaha dalam memenuhi kebutuhan dan kepentingan masyarakat sesuai dengan haknya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi manajemen pelayanan publik dalam meningkatkan kepuasaan masyarakat pada Kemenag Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) penelitian ini, penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berupaya menghimpun, mengelola dan menganalisis data secara kualitatif, Peneliti mengumpulkan data menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi Sumber data yang digunakan adalah sumber data print dan sekunder Subyek yang diteliti adalah Kepala Kemenag, Pegawai Kemenag, dan pengguna pelayanan atau masyarakat. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa Kemenag Kota Bandar Lampung, dalam manajemen pelayanan publik sudah berjalan dengan baik dan dapat dilihat dari tingkat (1) sederhana dengan prosedur layanan yang madali, cepat dan tidak berbelit-belit, (2) efektif dengan mengutamakan pencapaian yang menjadi tujuan dan sasaran (3) transparan dengan adanya kejelasan produk,(4) keterbukaan dengan prosedur dan tata cara persyaratan satuan kerja (5) konsisten dengan menerapkan aturan-aturan yang berlaku,(6) responsif mengarah pada daya tanggap masalah dan kebutuhan masyarakat, (7) ketepatan waktu terhadap pelayanan kepada masyarakat Dari pelayanan yang diberikan oleh pegawai Kemenag, dalam meningkatkan kepuasan masyarakat, terbuka bahwa Kemenag Kota Bandar Lampung, mampu memberikan pelayana terbaik dan dapat memberikan rasa puas terhadap masyarakat dengan pelayanan yang ada pada Kemenag Kota Bandar Lampung. Dari data yang diperoleh melalu pihak instansi dan hasil triangulasi dengan masyarakat dapat dikatakan bahwa dalam manajemen iv pelayanan publik dalam meningkatkan kepuasan masyarakat pada Kemenag Kota Bandar Lampung. sudah terpenuhi dan memberikan kepuasan terhadap masyarakat. Kata Kunci: ”Manajemen Dan Pelayanan Publik”. v ABSTRACT Management is a process of activity to realize the desires to be achieved or desired by an organization, The function of management is to regulate the course of an organization where management, has four functions namely planning, organizing, actuanting and controlling, of these four functions will make its way an organization achieves the goals it wants to achieve in the future So basically all organizations need management in a government agency such as service management at the Ministry of Religion of Bandar Lampung City, it is hoped that all existing public services can be carried out properly as planned beforehand, Services are activities carried out by individuals or groups on a maten basis through certain systems, procedures and methods in the context of efforts to meet the needs and interests of the community according to their rights. The type of research used is field research. This research is qualitative descriptive research, namely research that seeks to collect, manage and analyze data qualitatively. Researchers collect data using interview, observation, and documentation techniques. The data sources used are printed data sources. and secondary The subjects studied were the Head of the Ministry of Religion Ministry of Religion employees and service users or the public. After the data was collected and analyzed by means of data reduction, data absorption and drawing conclusions. The results of this study are that the Ministry of Religion of Bandar Lampung City, in public service management has been running well and can be seen from the level of (1) simple with service procedures that are fast and straightforward, (2) effective by increasing the achievement of the goals and target (3) transparent with product clarity (4) openness with work unit procedures and requirements (5) consistent with implementing applicable regulations (6) responsive towards responsiveness to community problems and needs; (2) timeliness of services to the community From the services provided by Ministry of Religion employees in increasing community satisfaction, it is clear that the Ministry of Religion of Bandar Lampung City, is able to provide the best service and can provide a sense of satisfaction to the community with services available at the Ministry of Religion of Bandar Lampung City. From the data obtained through the agency and the results of triangulation with the community it can be said that in public service management in increasing community satisfaction at the Ministry of Religion of Bandar Lampung City it has been fulfilled and gives satisfaction to the community. Keywords: "Management and Public Service".

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:32
Last Modified: 09 Oct 2023 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30571

Actions (login required)

View Item View Item