PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 8 BANDAR LAMPUNG

Astriani, Maya (2018) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 8 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (41MB)

Abstract

Dunia pendidikan selalu melakukan pembaharuan agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan suatu bangsa, oleh karena itu dibutuhkan peserta didik yang mampu dalam menghadapi dan memecahkan masalah yang ada, oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis nilai-nilai keislaman. Model pembelajaran ini mendorong peserta didik untuk berfikir kritis, sistematis, logis, dan analisis yang diselipkan dengan nilai-nilai keislaman sehingga membuat peserta didik tidak hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan tetapi juga memiliki akhlak yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model inkuiri berbasis nilai-nilai keislaman terhadap kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen. Desain yang digunakan adalah posttes-only control design. Sampel penelitian diambil menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes essay untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Setelah data terkumpul maka dilakukan pengolahan data menggunakan analisis statistik dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian dengan menggunakan tes formatif menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu 78,53 dan rata-rata nilai kelas kontrol yaitu 71,96. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen yang menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis nilai-nilai keislaman lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model direct instruction. Hasil uji t diketahui Thitung yaitu 2.807 dan Ttabel yaitu 2.00. ternyata Thitung ≥ Ttabel yaitu 2.807 ≥ 2.00 , karena Thitung lebih besar dari Ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbasis nilai-nilai keislaman terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMAN 8 Bandar lampung tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 22 Jan 2018 03:39
Last Modified: 22 Jan 2018 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3057

Actions (login required)

View Item View Item