MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DIMADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Evi, Lutfiana Sari (2023) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DIMADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI EVI LUTFIANA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter sangat berkaitan dengan manajemen, dengan manajemen yang baik pendidikan karakter dapat terlaksana dengan baik dan menghasilakan peserta didik yang berkualitas dalam segi karakter. Karena peserta didik yang berkarakter baik di madrasah bergantung pada pelaksanaan manajemen di madrasah tersebut, dan bagaimana Kerjasama madrasah dan orangtua dalam penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini membahas tentang bagaimana manajemen pendidikan karakter di MTs Muhammadiyah Sukarame seperti bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pelaksanaan manajemen di MTs Muhammadiyah Sukarame. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tempat penelitian di MTs Muhammadiyah Sukarame dengan subjek penelitian atau narasumber Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, dan Wali Kelas. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu penelitian ini menggunakan trianggulasi teknik,yang dilakukan dengan cara pengumpulan data yang berbeda beda untuk mendapatkan data dari sumber data yang sama. Berdasarkan hasil penelitian Manajemen Pendidikan Karakter di MTs Muhammadiyah Sukarame sudah menerapkan manajemen dalam penguatan pendidikan karakter dengan baik dan sesuai dengan standar. Dapat dilihat dari proses yang pertama perencanaan yang sudah dilaksanakan rutin setiap awal tahun dan diikuti dengan seluruh komponen sekolah. Proses perencanaan itu terdiri menentukan tujuan pendidikan karakter, penyusunan program, dan pengintegrasian nilai-nilai karakter. Kedua pelaksanaan pendidikan karakter di MTs Muhammadiyah Sukarame dilaksanakan secara integratif pada semua mata pelajaran. Penanaman karakter melekat pada aturan yang ditetapkan dalam tata tertib, program madrasah seperti kegiatan pembiasaan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan bahkan tahunan dan juga kegiatan ekstrakurikuler. Serta sekolah juga membangun komunikasi dan Kerjasama antara sekolah dan orang tua dalam mengintergrasikan pendidikan karakter. Ketiga proses pengawasan pendidikan karakter yang dilakukan MTs Muhammadiyah Sukarame adalah dengan cara pengawasan dilakukan oleh kepala madrasah, guru, komite madrasah dan pengawas Pembina, melakukan pengamatan atau pemantaun perilaku peserta didik dalam bentuk penskoran, melibatkan orangtua dalam pengawasan. Setelah penelitian dilakukan peneliti merekomendasi kepada MTs Muhammadiyah Sukarame untuk membentuk tim khusus dalam pengembangan pendidikan karakter, dengan tim khusus tersebut pendidikan karakter akan terfokuskan sehingga terlaksana dengan sangat baik. Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter. iii ABSTRACT Character education is closely related to management, with good management character education can be carried out well and produce quality students in terms of character. Because students with good character in madrasah depend on the implementation of management in the madrasah, and how madrasah and parents cooperate in strengthening character education. This study discusses how the management of character education at MTs Muhammadiyah Sukarame such as how the planning, implementation, and evaluation. This study aims to determine and explain how the implementation of management at MTs Muhammadiyah Sukarame. This type of research is qualitative research with descriptive methods. The place of research at MTs Muhammadiyah Sukarame with research subjects or resource persons Principal, Waka Curriculum, and Homeroom Teacher. In data collection techniques, researchers used observation, interview and documentation methods. Then this research uses triangulation techniques, which are carried out by collecting different data to get data from the same data source. Based on the results of the research, Character Education Management at MTs Muhammadiyah Sukarame has implemented management in strengthening character education well and in accordance with standards. It can be seen from the first planning process that has been carried out routinely at the beginning of each year and followed by all school components. The planning process consists of determining the objectives of character education, preparing programs, and integrating character values. Second, the implementation of character education at MTs Muhammadiyah Sukarame is carried out integratively in all subjects. Character cultivation is attached to the rules set out in the rules of conduct, madrasah programs such as daily habituation activities, weekly activities, monthly and even annual activities and also extracurricular activities. And schools also build communication and cooperation between schools and parents in integrating character education. Third, the character education supervision process carried out by MTs Muhammadiyah Sukarame is by means of supervision carried out by the madrasah head, teachers, madrasah committee and supervisors, observing or monitoring the behavior of students in the form of scoring, involving parents in supervision. After the research was conducted, the researcher recommended to MTs Muhammadiyah Sukarame to form a special team in developing character education, with this special team character education will be focused so that it is very well implemented. Keywords: Management, character education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:47
Last Modified: 09 Oct 2023 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30567

Actions (login required)

View Item View Item