MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA DESA CAHAYA NEGERI KECAMATAN LEMONG KABUPATEN PESISIR BARAT

DELA, KURNIA (2023) MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA DESA CAHAYA NEGERI KECAMATAN LEMONG KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DELA KURNIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen strategi adalah proses atau rangkaian-rangkaian kegiatan pengambilan sebuah keputusan yang sifatnya mendasar dan menyeluruh, disertai penetapan cara melaksanakannya, yang dibuat oleh manajer, kemudian diimplementasikan oleh semua jajaran didalam suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapainya. Sedangkan kompetensi santri adalah kemampuan yang dimiliki oleh santri dalam bidang agama atau dalam bidang yang sudah ditentukan. Sejauh ini pondok pesantren Miftahul Huda sudah menerapkan manajemen strategi untuk meningkatkan kompetensi santrinya, namun belum bisa berjalan secara maksimal. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mengungkap manajemen strategi yang diterapkan oleh pondok pesantren Miftahul Huda dalam meningkatkan kompetensi santrinya. Melalui program dan kegiatan yang tertuang dalam visi misi pondok pesantren. Peneliti akan melihat secara lebih detail mengenai strategi pengelolaan pondok Miftahul Huda penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data primer penelitian ini diperoleh dari pihak pengelola pondok pesantren Miftahul Huda. Alat pengumpul data yang digunakan adalah berupa wawancara, dokumentasi, observasi. Analisa datanya menggunakan apa yang dipakai oleh Miles and Huberman dimulai dari display data atau penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pondok pesantren Miftahul Huda dalam meningkatkan kompetensi santri meliputi Perencanaan/Formulasi Strategi ; pada tahap perencanaan telah menjalankan tahapan manajemen strategi sudah berjalan namun belum sepenuhnya sesuai dengan tahapan manajemen strategi yakni dengan adanya program yang dibuat, kebijakan-kebijakan dan perumusan tujuan yang ingin dicapai. Pelaksanaan/Implementasi strategii ; pada tahap ini sudah melaksanakan program-program yang sudah direncanakan dengan baik yakni sesuai dengan yang sudah direncanakan walaupun masih ada beberapa program yang belum iii sesuai dengan yang direncanakan. Evaluasi Strategi ; pada tahap ini dapat dilihat dari pengukuran program-program telah berjalan atau tugas-tugas yang sudah dilaksanakan oleh para santri, pelaksanaan strategi yang diterapkan sudah bisa meningkatkan kompetensi santri. Dari hasil evaluasi ini kemudian akan diperoleh berhasil atau tidaknya tujuan pondok pesantren. iv ABSTRACT Strategic management is a process or series of activities in making decisions that are fundamental and comprehensive in nature, accompanied by determining how to implement them, which are made by managers, then implemented by all levels within an organization or company to achieve them. Meanwhile, santri competency is the ability possessed by santri in the field of religion or in a specified field. So far, the Miftahul Huda Islamic boarding school has implemented strategic management to improve the competency of its students, but it has not been able to run optimally. So this research aims to reveal the management strategies implemented by the Miftahul Huda Islamic boarding school in improving the competency of its students. Through the programs and activities contained in the Islamic boarding school's vision and mission. Researchers will look in more detail at the Miftahul Huda cottage management strategy in this research using a qualitative approach. The primary data for this research was obtained from the management of the Miftahul Huda Islamic boarding school. The data collection tools used are interviews, documentation, observation. The data analysis uses what Miles and Huberman used, starting from data display or data presentation, data reduction, and drawing conclusions. The results of the research show that the implementation of the Miftahul Huda Islamic boarding school strategy in improving the competency of students includes Strategy Planning/Formulation; At the planning stage, the strategic management stage has been carried out, but it is not yet fully in accordance with the strategic management stage, namely the existence of programs created, policies and the formulation of goals to be achieved. Implementation/Implementation of strategies; At this stage, the programs that have been planned well have been implemented, namely in accordance with what was planned, although there are still several programs that are not in accordance with what was planned. Strategy Evaluation; At this stage, it can be seen from measuring the programs that have been running or v the tasks that have been carried out by the students, the implementation of the strategies implemented can increase the students' competence. From the results of this evaluation, it will then be possible to determine whether the objectives of the Islamic boarding school have been successful or not.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:58
Last Modified: 06 Oct 2023 07:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30555

Actions (login required)

View Item View Item