PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGERTERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII DI SMP N 31 BANDAR LAMPUNG

MARDIANA, Ahmad Yuldi (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGERTERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII DI SMP N 31 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MARDIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 31 Bandar Lampung serta kurangnya variasi dalam menggunakan model pembelajaran oleh guru. Pembelajaran yang membosankan dan cenderung menggunakan metode ceramah, mengerjakan LKS dan merangkum. Maka perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa lebih aktif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PAI. Penelitian ini mengunkan Model Pembelajran Treffinger untuk meningkatkan hasil belajar PAI. Maka dari pemaparan latar belakang tersebut menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa kelas VIII di SMPN 31 Bandar Lampung”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 31 Bandar Lampung. Hasil pengujian hipotesis menggunakanrumus Uji t-test diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu thitung = 2.372 dan ttabel = 1.66980. maka pada taraf signifikan Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 31 Bandar Lampung. Kata Kunci: Treffinger, Hasil Belajar, PAI iii ABSTRACT The background to this research is the low PAI learning outcomes of class VIII students at SMPN 31 Bandar Lampung and the lack of variation in the use of learning models by teachers. Learning is boring and tends to use the lecture method, working on worksheets and summarizing. So it is necessary to use appropriate learning models so that learning is more enjoyable and students are more active so that PAI learning outcomes can be improved. This research uses the Treffinger Learning Model to improve PAI learning outcomes. So from the explanation of this background the problem in this research is "Is there an influence of the Treffinger Learning Model on PAI Learning Outcomes for Class VIII Students at SMPN 31 Bandar Lampung". This research aims to determine whether there is an influence of the Treffinger learning model on the PAI learning outcomes of class VIII students at SMPN 31 Bandar Lampung. The results of hypothesis testing using the t-test formula showed that tcount > ttable, namely tcount = 2.372 and ttable = 1.66980. then at the significant level Ho is rejected and H1 is accepted. This means that there is an influence of the Treffinger Learning Model on PAI Learning Outcomes for class VIII students at SMPN 31 Bandar Lampung. Keywords: Treffinger, Learning Outcomes, PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:00
Last Modified: 06 Oct 2023 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30546

Actions (login required)

View Item View Item