HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN STRESS AKADEMIK SISWA

Amri, Tama (2023) HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN STRESS AKADEMIK SISWA. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI AMRI TAMA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Regulasi Emosi Dan Dukungan Teman Sebaya Dengan Stres Akademik Siswa Oleh : Amri Tama Stres akademik adalah tekanan-tekanan yang terjadi didalam diri siswa dimana kondisi tersebut disebabkan oleh persaingan, tekanan, maupun tuntutan akademik yang diperuntukkan kepada siswa. Fajriyah menjelaskan bahwa stres akademik muncul ketika harapan untuk meraih prestasi akademik meningkat, baik dari orang tua, guru maupun teman sebaya. Stres di bidang akademik padaanak muncul ketika harapan untuk meraih prestasi akademik meningkat, baik dari orang tua, guru ataupun teman sebaya. Harapan tersebut seringkali tidak sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.Stres akademik adalah stres yang muncul karena adanya tekanan untuk menunjukkan prestasi dan keunggulan dalam kondisi persaingan akademik yang semakin meningkat sehingga mereka semakin terbebani oleh berbagai tekanan dan tuntutan. Dalam kasus ini anak harus memiliki regulasi emosi yang baik dan dukungan teman sebaya yang baik agar dapat meminimalisir stres dalam hal akademik. Stres akademik ini menjadi pusat dalam penelitian ini. Oleh karena itu rumusan masalah dari penelitian ini adalah, adakah hubungan regulasi emosi dan dukungan teman sebaya dengan stres akademik siswa. Hipotesis yang di sampaikan pada penelitian ini adalah Ada hubunganregulasi emosi dan dukungan teman sebaya dengan stres akademik siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MA Nurul Falah Tanjung Baru kelas X, XI dan XII. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampelyaitu total samplingdan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologi meliputi skala stres akademik, skala regulasi emosi dan skala dukungan teman sebaya. Skala stres akademik berjumlah 16 aitem (α=0,916), pada skala regulasi emosi berjumlah 24 aitem (α=0,833) dan pada skala dukungan teman sebaya berjumlah 20 aitem (α=0,947). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik yang dibantu dengan program SPSS 24.0 for windows. Data yang dianalisis menunjukkan hasil, korelasi r = 0,551 dan signifikansi p <0,001. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sumbangan variabel regulasi emosi dan dukungan teman sebaya dengan variabel terikat (stres akademik) sebesar 55,9%, sedangkan pengaruh variabel lain di luar penelitian sebesar 44,1%. Kata Kunci :Stres Akademik, Regulasi Emosi, Dukungan Teman Sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:59
Last Modified: 06 Oct 2023 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30545

Actions (login required)

View Item View Item