PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 7 BANDAR LAMPUNG

Nilova, Nila (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (55MB)

Abstract

Masalah yang terjadi di lapangan ialah pada proses pembelajaran belum memfasilitasi peserta didik untuk memberdayakan kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif dari peserta didik. Pembelajaran yang terjadi di kelas masih bersifat teacher centered. Tujuan pada penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh metode pictorial riddle berbasis mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif peserta didik, 2) untuk mengetahui seberapa besar kontribusi metode pictorial riddle berbasis mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Desain eksperimen ini menggunakan The Matching Pretest Posttest Control Group. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Bandar Lampung pada kelas X. Sampel penelitian dipilih secara acak kelompok yang terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen (X IPA 6) dan kelas kontrol (X IPA 7) . Teknik pengambilan data menggunakan tes, dokumentasi, angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif peserta didik pada kelas eksperimen adalah 59.7 dan 40,3, postestnya 80.2 dan 82,9. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai pretest 59 dan 41,3, postestnya 73 dan 68,1. Hasil uji t-independent menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) 0,00 < α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima., sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaruh metode pembelajaran Pictorial Riddle bebasis Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif peserta didik pada materi keanekaragaman hayati Indonesia Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan uji korelasi linear kelas eksperimen metode pembelajaran Pictorial Riddle bebasis Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif berkontribusi sebesar 50% dan pada sikap kreatif hanya berkontribusi sebesar 2%. Jadi metode pembelajaran Pictorial Riddle bebasis Mind Mapping berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan sikap kreatif peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 22 Jan 2018 03:10
Last Modified: 22 Jan 2018 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3054

Actions (login required)

View Item View Item