EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTS DARUL ULUM KARANG SARI OKU TIMUR

KHARISMA, PUTRI (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTS DARUL ULUM KARANG SARI OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  KHARISMA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK “Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII Di MTs Darul Ulum Karang Sari Kec. Belitang III, Kab. Oku Timur.” Oleh : Kharisma Putri Model pembelajaran merupakan suatu teknik yang dipakai pendidik untuk disampaikan kepada peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran demi tercapainya tujuan dan sasaran pembelajaran, maka dari itu para pendidik perlu memilih model pembelajaran yang sesuai ketika mengajar. Sekarang ini banyak model pembelajaran yg digunakan oleh pendidik namun belum dapat dikatakan efektif jika digunakan dalam pembelajaran, kebanyakan model pembelajaran yang digunakan pendidik masih membuat peserta didik mudah bosan, mengantuk, dan kurang aktif dalam pembelajaran, hal tersebut juga akan berakibat pada hasil belajar peserta didik yang buruk. Maka dari itu peran pendidik saat proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan efektif sangat diperlukan. Seperti pada mata pelajaran aqidah akhlak pendidiknya sudah mulai kreatif dalam menerapkan pembelajaran yang menyenangkan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping. Mind mapping adalah suatu model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih mandiri dan berpikir kreatif dengan mentransfer materi yang di peroleh ke dalam peta konsep/brain yang menarik sehingga materi menjadi lebih mudah dipahami. Atau dapat juga dipahami model pembelajaran mind mapping adalah alat yang dapat menolong otak berfikir dengan sistematis dan sederhana dengan cara yang mudah untuk mentransfer materi ke dalam brain dan menarik materi kembali dari brain, sehingga mempermudah peserta didik dalam membuat persiapan materi pembelajaran. Peta pikiran tersebut dapat berbetuk diagaram warna-warni, sangat terstruktur dan mudah diingat. Mind mapping akan mendorong peserta didik memperbaiki hasil belajar Aqidah akhlak. Dengan adanya model pembelajaran mind mapping ini peserta didik tidak mudah bosan ataupun jenuh ketika belajar, tidak mudah mengantuk, peserta didik lebih aktif serta suasana kelaspun menjadi lebih hidup, hal tersebut akan berdampak baik pada hasil belajar peserta didik. Sejalan dengan tujuan penelitian ini yaitu tentang Efektivitas Model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil setting tempat penelitian di kelas VII.1 MTs Darul Ulum Karang Sari, Kecamatan. Belitang III, Kabupaten. Oku Timur, Provinsi Sumatera Selatan. Subyek penelitian ini adalah guru aqidah akhlak, peserta didik dan kepala sekolah. Teknik keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi yang meliputi: triangulasi sumber, triangulasi teknik/metode dan triangulasi waktu. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi kemudian Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran mind mapping sudah berjalan cukup efektif. Yaitu dapat didefinisikan sebagai berikut : 1) Proses pembelajaran dengan model pembelajaran mind mapping memperlihatkan respon positif dari peserta didik, yakni peserta didik lebih kreatif dalam berfikir dan proses belajar mengajar pun menjadi lebih menyenangkan dan berdampak pada aspek kognitif, afektif dan psikomotrik peserta didik. 2) hasil belajar menggunakan model pembelajaran mind mapping mengalami kenaikan nilai sebesar 39,53% dari semester sebelumnya. 3) Penggunaan model pembelajaran mind mapping dapat dikatakan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. iv ABSTRACT "Effectiveness of the Mind Mapping Learning Model on Student Learning Outcomes in the Class VII Aqidah Morals Subject at MTs Darul Ulum Karang Sari District. Belitang III, Kab. East Oku.” By : Charisma Putri A learning model is a technique that educators use to convey to students in carrying out learning in order to achieve learning goals and objectives, therefore educators need to choose an appropriate learning model when teaching. Currently, there are many learning models used by educators but they cannot be said to be effective when used in learning, most of the learning models used by educators still make students easily bored, sleepy and less active in learning, this will also have an impact on student learning outcomes. the bad one. Therefore, the role of educators in the teaching and learning process using appropriate and effective learning models is very necessary. As in the subject of aqidah, morals, educators have started to be creative in implementing fun learning, namely by using the mind mapping learning model. Mind mapping is a learning model that can make students more independent and think creatively by transferring the material they have acquired into an interesting concept/brain map so that the material becomes easier to understand. Or it can also be understood that the mind mapping learning model is a tool that can help the brain think systematically and simply by easily transferring material into the brain and pulling material back from the brain, making it easier for students to prepare learning material. The mind map can be in the form of a colorful diagram, very structured and easy to remember. Mind mapping will encourage students to improve their moral Aqidah learning outcomes. With this mind mapping learning model, students do not get bored or bored easily when studying, they do not get sleepy easily, students are more active and the class atmosphere becomes more lively, this will have a good impact on students' learning outcomes. In line with the aim of this research, namely the effectiveness of the mind mapping learning model on student learning outcomes. In this research, the researcher used qualitative descriptive research, taking the research setting in class VII.1 MTs Darul Ulum Karang Sari, District. Belitang III, Regency. East Oku, South Sumatra Province. The subjects of this research were moral aqidah teachers, students and school principals. Data validity techniques use extended participation techniques, persistent observation and triangulation which include: source triangulation, technique/method triangulation and time triangulation. The data analysis method uses data reduction, data presentation and verification, then the researcher uses data collection techniques using observation, interviews and documentation methods. The research results show that the implementation of the mind mapping learning model has been quite effective. These can be defined as follows: 1) The learning process using the mind mapping learning model shows a positive response from students, namely students are more creative in thinking and the teaching and learning process becomes more enjoyable and has an impact on the cognitive, affective and psychometric aspects of students. 2) learning outcomes using the mind mapping learning model increased in value by 39.53% from the previous semester. 3) The use of the mind mapping learning model can be said to be quite effective in improving student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:05
Last Modified: 06 Oct 2023 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30538

Actions (login required)

View Item View Item