PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MASA PASCA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 1 KRUI

NOVEM, NASRULLOH (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MASA PASCA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 1 KRUI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Disiplin merupakan sikap mental yang dimiliki oleh individu dan pada hakikatnya mencerminkan rasa ketaatan dan kepatuhan yang didukung oleh kesadaran dalam menjelaskan tugas dan kewajibannya untuk mencapai tugas tertentu. Peran guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik sangat diperlukan karena berdasarkan penelitian untuk membangun sebuah negara dan bangsa diperlukan karakter, akhlak mulia dan mental yang baik. Selain itu, memiliki sumber daya manusia yang berkarakter menjadi kebutuhan yang sangat mendesak bagi bangsa Indonesia karena di zaman modern sekarang eksistensi akhlak mulia malah semakin menurun kualitasnya. Apalagi pasca pandemic covid-19 dikarenakan peserta didik lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan akhirnya bisa kembali ke sekolah sehingga faktor-faktor kedisiplinan masih banyak diabaikan terutama pada peserta didik yang datang terlambat ke sekolah dan tidak menggunakan seragam dan atribut sekolah dengan lengkap. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan karakter disiplin pasca covid-19 di SMKN 1 Krui. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Pasca Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik di SMKN 1 Krui adalah Guru BK berperan sebagai Pendidik dan Pengajar dimana pendidik berperan penting dalam rencana bimbingan kedisiplinan setiap minggunya oleh guru BK mengingat peran penting pendidik dalam mendidik peserta didik sebagai bentuk perwujudan dari karakter. Guru BK berperan sebagai pembina yang membina peserta didik SMKN 1 Krui baik secara langsung maupun tidak langsung. Guru juga selalu membantu peserta didik dalam bidang pembinaan karakter disiplin. Guru BK berperan sebagai motivator dengan memberikan motivasi tentang arti pentingnya kedisiplinan yang tercermin dalam rencana bimbingan setiap minggunya. Selain itu guru BK selalu datang tepat waktu untuk pergi ke sekolah dan berjaga di depan gerbang sekolah untuk memantau peserta didik pada pagi hari sebelum pembelajaran dimulai. Terakhir, guru BK berperan sebagai pemberi hukuman. Hukuman yang diberikan kepada peserta didik bukanlah hukuman yang dapat menyakiti anak didik tetapi hukuman yang bermanfaat bagi anak iv didik. Dari ketiga teori diatas sejalan dengan hasil wawancara yang dilakukan dimana terdapat hukuman berupa memungut sampah dan juga membersihkan wc bagi peserta didik, lari keliling lapangan dan push up. Saran yang diberikan oleh penulis untuk sekolah dengan cara mengerahkan seluruh guru BK yang ada di sekolah untuk memantau segala aktivitas peserta didik demi tercapainya penanaman karakter kedisiplinan yang maksimal. Guru BK untuk lebih sabar dalam mendidik peserta didik untuk melaksanakan pembinaan karakter disiplin dan memberi contoh yang baik karena peserta didik masih mempunyai sifat meniru agar timbul kedisiplinan secara alami dalam pribadinya dan memberikan sanksi serta pengawasan yang lebih ketat terhadap peserta didik untuk bisa menjalankan kegiatan disiplin dengan maksimal . kepada peserta didik untuk lebih meningkatkan kedisiplinnya dalam datang tepat waktu, mengumpulkan tugas tepat waktu dan menggunakan seragam serta atribut sekolah yang telah ditentukan agar dapat terciptanya karakter disiplin berdasarkan keinginan sendiri tidak melalui perintah dari gurunya. Untuk orang tua dengan memberi semangat, dorongan, dan suri tauladan yang baik kepada anak dan memberi contoh-contoh yang membuat minat, bukan karena paksaan, tetapi karena keinginan untuk bisa , sehingga anak mau melaksanakan kedisiplinan dengan senang, tenang, dan tertib baik di sekolah maupun di rumah. Kata Kunci: Peran Guru, Kedisiplinan, Peserta didik v ABSTRACT Discipline is a mental attitude possessed by individuals and essentially reflects a sense of obedience and obedience supported by awareness in explaining their duties and obligations to achieve certain tasks. The role of BK teachers in improving the discipline of students is very necessary because based on research to build a state and nation, good character, noble morals and mentality are needed. In addition, having human resources with character is a very urgent need for the Indonesian nation because in modern times the existence of noble morals is even declining in quality. Especially after the COVID-19 pandemic because students spend more time at home and can finally return to school so that disciplinary factors are still widely ignored, especially for students who arrive late to school and do not use school uniforms and attributes completely. The purpose of this study was to determine the role of counseling guidance teachers in improving the character of post-covid-19 discipline at SMKN 1 Krui. This research uses field research with a qualitative approach. The data used in this study are primary data and secondary data. The data collection techniques used are observation, interview and commentation. The results of this study show that the Role of Counseling Guidance Teachers in Improving the Character of Discipline After the Covid-19 Pandemic in Students at SMKN 1 Krui is that BK Teachers play an important role as Educators and Teachers where educators play an important role in the guidance plan to theWeekly siplinan by BK teachers remembers the important role of educators in educating students as a form of embodiment of character. BK teachers act as coaches who nurture students of SMKN 1 Krui both directly and indirectly. Teachers also always help students in the field of discipline character building. Guru BK acts as a motivator by providing motivation about the importance of discipline which is reflected in the guidance plan every week. In addition, BK teachers always arrive on time to go to school and stand guard in front of the school gate to monitor students in the morning before learning begins. Finally, BK teachers play the role of punishment. The punishment given to learners is not a punishment that can hurt the protégé but a punishment that is beneficial to the protégé. The three theories above are in line with the results of interviews conducted where there are penalties in the form of picking up garbage and also cleaning toilets for students, running around the field and push ups. The advice given by the author for schools is to mobilize all BK teachers in schools to monitor all student activities in order to achieve vi maximum discipline character cultivation. BK teachers to be more patient in educating students to carry out discipline character building and set a good example because students still have imitation nature so that discipline arises naturally in their personalities and provides sanctions and tighter supervision of students to be able to carry out disciplinary activities optimally. To students to further improve their discipline in arriving on time, collecting assignments on time and using uniforms and school attributes that have been determined in order to create a disciplinary character based on their own desires not through orders from their teachers. For parents by encouraging, encouraging, and setting a good role model for children and giving examples that make interest, not because of coercion, but because of the desire to be able to, so that children are willing to carry out discipline happily, calmly, and orderly both at school and at home. Keywords : Teacher Role, Discipline, Learners

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:57
Last Modified: 06 Oct 2023 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30537

Actions (login required)

View Item View Item