IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG

Latif, Nur Aini (2023) IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kekerasan terhadap anak merupakan permasalahan yang saat ini sering terjadi dalam satuan pendidikan. KPAI telah mencatat sekitar 480 anak yang menjadi korban bullying di sekolah selama priode 2016-2020. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan Sekolah Ramah Anak. Sekolah Ramah Anak merupakan kebijakan yang dibuat oleh Kementrian Pemberdaya Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Kebijakan ini berusaha menjaga, menyelamatkan serta memberi perlindungan kepada anak dari tindak kekersan, diskriminasi dan memiliki hak tumbuh dan berkembang sesuai usianya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pelaksanaan sekolah ramah anak di MIN 9 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Koordinator kurikulum, Koordinator kesiswaan dan Guru Kelas IVB. Objek penelitian meliputi implementasi sekolah ramah anak di MIN 9 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun validasi data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 3 indikator yang diterapkan MIN 9 Bandar Lampung dalam implementasi sekolah ramah anak. indikator-indikator tersebut adalah Penataan fisik sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan terlatih konvensi hak anak dan penanaman nilai-nilai karakter. Pada penataan fisik sekolah meliputi penataan ruang kelas seperti hiasan, penempatan gambar, karya peserta didik, tempat duduk peserta didik, dan peraturan kelas, sedangkan halaman sekolah seperti petugas kebersihan, memperindah halaman dan penjaga sekolah. Pada indikator pendidik dan tenaga kependidikan yang terlatih konvensi hak anak seperti sikap adil tanpa memandang status sosial peserta didik atau diskriminasi dan metode pembelajaran yang digunakan pendidik berpusat pada peserta didik. Sedangkan hasil dari indikator penanaman nilai-nilai karakter berupa pembiasaan 5S (Senyum, salam, sapa sopan dan santun) dan pembiasaan membuang sampah pada tempatnya. Kata Kunci: Implementasi Sekolah Ramah Anak, MIN 9 Bandar Lampung iii ABSTRACT Violence against children is a problem that currently occurs frequently in education units. KPAI has recorded around 480 children who were victims of bullying at school during the 2016-2020 period. To overcome this problem, the government issued a child-friendly school policy. Child-friendly schools are a policy created by the Ministry of Empowerment. Women and child protection of the Republic of Indonesia, this policy seeks to safeguard and provide protection to children from acts of discrimination violence and have the right to grow and develop according to their age. The aim of this research is to determine the implementation of child-friendly schools in MIN 9 Bandar Lampung. This research uses qualitative descriptive research. The subjects in this study were curriculum coordinators, student coordinators and class IVB teachers. The object of research includes the implementation of child-friendly schools at MIN 9 Bandar Lampung. Data collection methods used in the form of observation, interviews and documentation. Data analysis techniques using data collection techniques, data presentation and drawing conclusions. The data validation uses technique triangulation, source triangulation and time triangulation. The results of the research show that there are three indicators applied -9 Bandar Lampung in the implementation of children’s love. These indicators are the physical arrangement of schools, educators and trained educational staff, Conventions on children’s rights and the instillation of character values in the physical arrangement of schools, including the arrangement of classrooms such as decoration. Placement of pictures of students’ work, student seating and class rules, while school grounds, such as janitors beautifying the grounds and school guards, are indicators of trained educators and education personnel. Children’s rights conventions such as fair attitudes regardless of students’ social status or discrimination and the learning methods used. Educators are student-centered while the results of the indicators of instilling character values are in the form of 5S habits, smiles, polite and courteous greetings and the habit of throwing rubbish in its place. Keywords: Implementation of Child Friendly Schools, MIN 9 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:14
Last Modified: 06 Oct 2023 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30532

Actions (login required)

View Item View Item