PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD/MI

RIRIN, Samsul (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi RIRIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Guru di SD/MI Lampung Barat sudah ada yang menggunakan modul dalam memberikan materi. Namun modul yang ada masih sangat sederhana, dikarenakan modul hanya berwarna hitam putih saja sehingga gambar yang disajikan tidak jelas. Selain itu materi yang disajikan kurang menarik dikarenakan tidak adanya aktivitas siswa yang dapat dilakukan sendiri oleh diri siswa, sehingga siswa kurang mandiri dalam belajar dan tampilan gambar buku dan modul yang sudah ada tidak menggunakan warna sehingga siswa kurang tertarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan, kelayakan dan respon siswa dengan adanya e-modul berbasis keterampilan proses. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan respon siswa dengan e-modul berbasis pendekatan keterampilan proses pada SD/MI di Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dalam penelitian ini, prosedur yang digunakan mengacu pada desain pengembangan dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, diperoleh kesimpulan bahwa: Dihasilkan produk e-modul dengan pendekatan keterampilan proses di SD/MI untuk mata pelajaran IPA. Pengembangan modul ini menggunakan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemention, Evaluation). Pada tahap analisis menggunakan analisis masalah, analisis kebutuhan dan analisis konten. Tahap design dengan merancang e modul dari cover sampai profil penulis dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, ukuran font yang jelas dan warna yang cerah. Pada tahap development dilakukan uji kelayakan produk oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba skala kecil dan besar dengan hasil sangat menarik modul yang dikembangkan. Pada tahap evaluasi dengan melakukan perbaikan sesuai dengan saran yang diberikan oleh para ahli sehingga e-modul sangat layak digunakan; Pengembangan e�modul berbasis pendekatan proses yang telah dibuat penulis tentunya dilakukan validasi terlebih dahulu oleh para ahli. Agar e-modul yang sudah dibuat dapat digunakan siswa dalam proses belajar. Hasil dari validasi e�modul berbasis pendekatan proses diperoleh hasil dari ahli media diperoleh skor 83% dengan kategori sangat layak, untuk ahli materi diperoleh skor 83% dengan kategori sangat layak, dan untuk ahli bahasa diperoleh skor 85% dengan kategori sangat layak; dan Pengembangan e-modul berbasis pendekatan proses ini setelah dibuat dan divalidasi oleh para ahli dilakukan uji coba terlebih dahulu keoada siswa. Hasil uji coba kepada siswa skala kecil diperoleh skor 92% dengan kategorik sangat menarik dan untuk skala besar diperoleh skor 92% dengan kategori sangat menarik. Respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan dapat menarik perhatian siswa dan siswa menjadi lebih aktif dalam belajar. Kata Kunci : E-Modul, Pendekatan Keterampilan Proses, Pengembangan iii ABSTRACT There are teachers at SD/MI West Lampung who already use modules to provide material. However, the existing module is still very simple, because the module is only black and white so the image presented is not clear. Apart from that, the material presented is less interesting because there are no student activities that students can do themselves, so students are less independent in learning and the image display of existing books and modules does not use color so students are less interested. The formulation of the problem in this research is how to develop, feasibility and student response to the existence of process skills-based e-modules. The aim of this research is to determine the development, feasibility and response of students with e�modules based on a process skills approach at SD/MI in West Lampung. This research uses research and development methods. In this research, the procedure used refers to development design with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) approach. Based on the results of research and development, conclusions were obtained that: An e-module product was produced with a process skills approach in SD/MI for science subjects. The development of this module uses ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development. At the analysis stage, problem analysis, needs analysis and content analysis are used. The design stage involves designing the e-module from the cover to the author's profile using language that is easy to understand, clear font size and bright colors. At the development stage, product feasibility testing is carried out by media experts, material experts and language experts. At the implementation stage, small and large scale trials were carried out with very interesting results for the modules being developed. At the evaluation stage, by making improvements in accordance with the suggestions given by experts so that the e-module is suitable for use; The development of e-modules based on the process approach that the author has created is of course validated first by experts. So that the e-modules that have been created can be used by students in the learning process. The results of the validation of the e-module based on the process approach were that media experts obtained a score of 83% in the very feasible category, for material experts a score of 83% was obtained in the very feasible category, and for language experts a score of 85% was obtained in the very feasible category; and The development of e-modules based on this process approach, after being created and validated by experts, is first tested on students. The results of trials on small-scale students obtained a score of 92% in the very interesting category and for large-scale students a score of 92% was obtained in the very interesting category. Student responses to the e-modules developed can attract students' attention and students become more active in learning. Keywords: E-Module, Process Skills Approach, Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:07
Last Modified: 06 Oct 2023 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30531

Actions (login required)

View Item View Item