PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) BERBANTUAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI KELAS IV SD N 1 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG

Niken, Puspa Ningrum (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW (SQ3R) BERBANTUAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI KELAS IV SD N 1 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKripsi 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKripsi Niken Puspa Ningrum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal yakni hasil belajar peserta didik yang masih rendah dan belum mencapai KKM pada mata pelajaran IPA, selain itu proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang terlibat dan kurang antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R). Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) berbantuan media kotak kartu misteri? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Metode ini dilakukan dalam empat tahap yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran SQ3R berbantuan media kotak kartu misteri (kokami). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I hasil belajar peserta didik yang tuntas yaitu sebanyak 67% dan pada siklus II menjadi 81%. berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SQ3R berbantuan media kotak kartu misteri (kokami) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran SQ3R, Media Kotak Kartu Misteri iii ABSTRACT This research is motivated by several things, namely student learning outcomes which are still low and have not yet reached the KKM in science subjects, apart from that the learning process is still teacher-centred so that students are less involved and less enthusiastic in learning. Based on these problems, researchers applied the Survey Question Read Recite Review (SQ3R) learning model. Based on these problems, researchers want to know whether there is an increase in science learning outcomes using the Survey Question Read Recite Review (SQ3R) learning model assisted by mystery card box media? This research aims to improve science learning outcomes for class IV students at SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung. The method used in this research is classroom action research. This method is carried out in four stages which include planning, implementation, observation and reflection. These four stages are cycles that occur repeatedly and are carried out with the same steps and are focused on learning using the SQ3R learning model assisted by mystery card box (kokami) media. The research results show that student learning outcomes have increased from cycle I to cycle II. In cycle I the students' complete learning outcomes were 67% and in cycle II it was 81%. Based on research, it can be concluded that the SQ3R learning model assisted by mystery card box media (kokami) can improve student learning outcomes in class IV science learning at SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung. Keywords: Learning Outcomes, Science, SQ3R Learning Model, Mystery Card Box Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:00
Last Modified: 06 Oct 2023 03:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/30530

Actions (login required)

View Item View Item